Jambi (ANTARA Jambi) - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Daryati Uteng mengatakan, perempuan di Provinsi Jambi harus siap mengahadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dengan memiliki kemampuan untuk bersaing di era pasar bebas tersebut.

"Kaum perempuan  di Jambi diharapkan mampu berkarya, mandiri dan mempunyai daya saing dan siap berjuang dalam menghadapi MEA," kata senator daerah pemilihan Provinsi Jambi itu yang dihubungi dari Jambi, Selasa.

Terkait peringatan Hari Ibu, Daryati Uteng menjelaskan pemerintah telah memberikan perhatian besar bagi kaum perempuan dalam berbagai sektor, termasuk dalam berpolitik.

"Kaum perempuan atau ibu adalah sosok manusia tulus, kasih sayangnya sepanjang hayat dikandung badan. Ibu adalah sebagai inspirasi, ibarat obor dalam kegelapan," katanya menjelaskan.

Anggota DPD RI Perwakilan Jambi ini juga berharap perempuan/ ibu di Jambi senantiasa berperan aktif dalam pembangunan daerah.

Sementara Anggota DPR RI Dapil Jambi, Elviana mengatakan, dalam memperingati hari ibu diharapkan peran wanita di Jambi semakin tampak khususnya dalam pembangunan daerah.

"Dalam memaknai hari ibu ini kita berharap peran perempuan, ibu-ibu, semakin nyata. Ibu-ibu juga diharapkan mampu bersaing dengan lelaki dalam hal pembangunan daerah," ujarnya.

Menurutnya, ke depan tidak lagi dipersoalkan tentang perbedaan gender, perempuan juga diharapkan mampu memimpin atau menjadi perwakilan daerah.

Sementara itu, Sekda Provinsi Jambi Ridham Priskap mengatakan, keberhasilan bapak-bapak itu karena ada ibu-ibu cerdas dibelakangnya.

"Tanpa ibu-ibu, bapak-bapak tidak akan berhasil. Selamat hari ibu," kata Sekda. (Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2015