Jambi (ANTARA Jambi) - Sebanyak 400 warga kota Jambi dari berbagai kalangan ikut mendonorkan darah dalam program Indonesia berdonor di LPP RRI Jambi, Rabu.

Kepala LPP RRI kota setempat, Sophia Endang Widowati, Rabu mengatakan, kegiatan Indonesia berdonor di LPP RRI semula ditargetkan sebanyak 500 orang. Namun hanya teralisasi sekitar 400 orang.

"Itu karena calon peserta donor tidak memenuhi persyaratan kesehatan untuk diambil darahnya," kata Sophia di sela-sela kegiatan tersebut.

Sophia menjelaskan, mereka yang berpartisipasi mendonorkan darah yakni dari anggota TNI Korem 042/ Garuda Putih sebanyak 75 orang, Polda Jambi 75 orang dan Polresta Jambi 75 orang.

Kemudian 100 orang dari anggota KSR atau Korp sukarelawan dari berbagai perguruan dan sekolah tinggi di Jambi, 50 orang pengusaha di Jambi, 100 orang dari pegawai LPP RRI Jambi dan 20 orang lainnya dari fans RRI dan umum.

"Program Indonesia berdonor dilaksanakan secara serentak di seluruh LPP RRI se-Indonesia dan di pusatkan di Samarinda. Kita bekerjasama dengan PMI Kota Jambi," ujarnya.

Sophia mengatakan, darah hasil donor selanjutnya diserahkan ke PMI Jambi sebagai persedian untuk masyarakat di kota itu yang membutuhkannya.

Sementara itu, Ketua PMI Kota Jambi Adman Manap, mengapresiasi kegiatan Indonesia berdonor tersebut, kegiatan itu sangat perlu dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Ini kegiatan yang bagus sekali, hari ini kita mendapatkan sekitar 50 kantong darah untuk persedian di PMI. Bagi masyarakat yang membutuhkannya silahkan datang ke PMI," kata Adman.(Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016