Jambi (ANTARA Jambi) - Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli menginginkan daerahnya menjadi contoh penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) karena memiliki komitmen mengatasi bencana kabut asap.

"Saya nanti bicara dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ibu Siti Nurbaya agar bisa menjadikan Jambi sebagai 'pilot project' dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan," kata Zola, usai pertemuan bersama Dubes Singapura untuk Indonesia, di Jambi, Kamis.

Ke depan, katanya lagi, kerja sama itu bukan hanya bisa menekan tetapi juga agar tidak terjadi lagi kebakaran hutan dan lahan seperti yang dikehendaki Presiden Joko Widodo.

Zola mengungkapkan, ada satu hal yang sangat penting yang dibicarakannya dengan Duta Besar Singapura untuk Indonesia, yakni Pemerintah Singapura memberikan perhatian besar terhadap bencana kabut asap yang terjadi tahun 2015 lalu di Indonesia.

"Saya sampaikan kepada beliau bahwa Pemprov dan Forkopimda Provinsi Jambi, bupati dan wali kota serta pihak perusahaan sangat berkomitmen untuk dapat melakukan pencegahan supaya tidak terjadi lagi seperti tahun lalu," katanya pula.

Namun dengan wilayah Provinsi Jambi yang luas dan banyak terdapat lahan gambut, Pemprov Jambi perlu dukungan, dan pihak Singapura menurut Zola, membuka kesempatan untuk bekerjasama.

Mengenai tindaklanjut kerja sama itu, Zola mengatakan bahwa baru pertemuan tahap awal. Selanjutnya, dirinya akan berkunjung ke Kedutaan Singapura untuk mendiskusikannya.

Duta Besar Singapura untuk Indonesia Anil mengatakan, sangat jelas dan tepat Singapura ingin bekerjasama erat dengan seluruh provinsi di Indonesia, termasuk Jambi.

"Salah satu isu penting bagi masyarakat Jambi dan Singapura adalah permasalahan kebakaran hutan dan lahan. Saya katakan seperti sudut pandang gubernur, kita harus melakukan segala sesuatu yang mungkin dilakukan, sehingga kita tidak melihat lagi kondisi tahun lalu di tahun ini dan tahun-tahun mendatang," kata Anil.

"Kami akan lanjutkan dengan MoU, kami bisa membagikan sebagian keahlian dan pengalaman kami untuk bekerjasama dan memastikan bahwa Jambi merupakan contoh yang baik untuk daerah lain di Indonesia berkaitan dengan penanggulangan kebakaran lahan dan hutan," kata Anil menambahkan. (Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016