Jambi (ANTARA Jambi) - Selama 12 tahun, atau hampir tiga periode berturut-turut, Romi Hariyanto menjabat pimpinan DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Timur.  Pria kelahiran 3 Nopember 1974 ini, mulai menduduki kursi ketua dewan,  di saat usianya baru menginjak 30 tahun.

Kiprahnya di parlemen itu, jelas saja membuatnya kenyang dengan asam garam. Dan pengalamannya itu pula yang membuat masyarakat meyakininya sosok Romi  mampu membangun Tanjung Jabung Timur menjadi kabupaten yang maju.

Terpilihnya Romi Haryanto dan Robby Nahliyansyah sebagai bupati dan wakil bupati Kabupaten Tanjab Timur, kian memantapkan daerah pesisir timur Provinsi Jambi sebagai tuan rumah bagi Partai Amanat Nasional. Pasca dimekarkan tahun 1999 dan dijabat Pjs Bupati Harris Faddilah selama setahun, kendali pemerintahan tidak pernah lepas dari kader PAN.

Begitu pula di legislatif, yang menjadi rumah PAN. Karena hampir separuh dari kursi dikuasai kader PAN. Dan itu semua tidak terlepas dari keberadaan sosok Romi Haryanto.  Gaya "low profile" dan energik khas anak muda, membuatnya gampang membaur ditengah-tengah masyarakat.

Maklum saja, semasa masih menimba kuliah, alumnus Akademi Keuangan dan Perbankkan (Akubank) Muhammadiyah Jambi tahun 1999, tergabung sebagai mahasiswa pecinta alam. Ia bahkan didaulat sebagai ketua Mapala Tapak Rimba. Dan pernah melakukan pendakian ke gunung Talang,  Solok, Sumatera Barat.

Selain mendaki gunung, Ia juga menyukai panjat tebing, lintas alam dan aktif di kegiatan Off Road.  Dengan bergabung dalam Komunitas Intelektual Otomotif (KITO).  Dan pernah memimpin  Asosiasi Pengadaan Barang dan Jasa (ASPANJI) Tanjab Timur tahun 2002-2003.

Sebagai putera daerah, suami dari  Wirdayanti yang dikaruniai dua orang anak ini, mahfum dengan kondisi alam Tanjab Timur.  Dan Ia tahu benar  dengan tipikal dan karakteristik  masyarakat Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung. Karena itu konsep Merakyat dirasakannya tepat untuk diterapkannya selama lima tahun kepemimpinannya nanti.

Kiprah putra dari H  Hasan Ismail (55) dan Hj Rohayati (50) di partai politik dimulai tahun 1999. Ketika Ia menjadi simpatisan PAN. Ketertarikan  dengan PAN lebih karena kagum dengan figur mantan Gubernur Jambi,  Zulkifli Nurdin, yang  saat itu juga menjadi Ketua DPW PAN Provinsi Jambi.

Tahun 2000 duduk di kepengurusan partai sebagai Wakil Ketua DPD BM PAN Tanjab Timur dan setahun kemudian menjadi Wakil Ketua DPC PAN Kecamatan Muarasabak. Dan mengantarkan menembus gedung parlemen Tanjab Timur. Dan duduk sebagai ketua dewan.

Profil Wakil Bupati

H  Robby Nahliyansyah, pria kelahiran Kuala Tungkal pada 21 Juli 1983 itu kini resmi dilantik sebagai Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur, mendampingi Bupatri Romi Hariyanto (Bupati) untuk masa jabatan 2016-2021.

Adalah wajar bilamana  suami dari Drg Andini Friska Ahmad ini begitu piawai dalam menguasai aturan perundang-undangan, berkat pengalamannya  selama hampir dua periode sejak tahun 2009 sebagai  anggota DPRD Tanjung Jabung Timur.

Selama duduk di dewan, ayah dari empat  orang anak ini tergabung dalam komisi B. Di periode awal duduk di dewan, Robby tercatat berada di posisi sekretaris komisi. Untuk kemudian di periode selanjutnya langsung menjadi ketua komisi. Dan Ia tercatat pula duduk di badan lesgisltif DPRD.

Sosok ayah dari Zul Widad Naufal, Muhammad Zul Hilmi Syami, Zahra Zaafira Qolby, dan Zul Fabyansyah Khalifal Zayyan, juga tercatat sebagai kader Partai Amanat Nasional (PAN) setempat.

Karena kepiawainya selama menjadi wakil rakyat di DPRD Tanjung Jabung Timur, PANpun tidak ragu untuk mengusungnya sebagai  wakil bupati mendampingi Romi Hariyanto untuk lima tahun mendatang.

Dan hasilnya pun terlihat, Ia mampu mendongkrak perolehan suara pada Pilkada serentak yang digelar 9 Desember 2015 lalu. 


Pewarta: Novendra

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016