Manchester, Inggris (ANTARA Jambi) - Penyerang muda Manchester City, Kelechi Iheanacho, menyumbangkan dua gol demi mengantarkan timnya memenangi laga pekan ke-35 Liga Utama Inggris dengan membekuk Stoke City 4-0 di Stadion Etihad, Sabtu.

Dua gol Iheanacho di babak kedua, melengkapi gol-gol pembuka keunggulan City yang masing-masing dicetak Fernando pada menit 35 dan eksekusi penalti Sergio Aguero pada menit 43.

Berkat kemenangan tersebut, City untuk sementara naik ke peringkat ketiga klasemen sementara dengan r64 poin, sedangkan Stoke tertahan pada urutan kesembilan.

Meski demikian posisi tim besutan Manuel Pellegrini itu belum aman mengingat pesaing mereka, Arsenal (63) baru akan menjalani pertandingan pekan ke-35 melawan Sunderland (30) pada Minggu (24/4).

City segera keluar menyerang sejak awal pertandingan meski sayangnya sepakan Iheanacho pada menit 7 masih sedikit meleset dari sasaran.

Di sisi lain tim tamu yang tampil tanpa punggawa andalan mereka yang tengah cedera, Xherdan Shaqiri dan Ibrahim Afellay, tak kekurangan kreator serangan, walaupun dua peluang beruntun dari Giannelli Imbula pada menit 27 dan Joselu menit 29 masih tak tepat sasaran.

Tuan rumah akhirnya membuka keunggulan pada menit 35 lewat tandukan Fernando dari bola hasil sepak pojok yang dilepaskan Jesus Navas.

Empat menit jelang turun minum, Iheanacho dijatuhkan Ryan Shawcross di area terlarang sehingga wasit Robert Madley menunjuk titik putih dan Aguero dengan tenang menunaikan tugasnya sebagai algojo.

Setelah menutup babak pertama dalam keadaan tertinggal dua gol dari tuan rumah, Stoke yang mengganti penjaga gawang lantaran Shay Given cedera digantikan Jakob Haugaard justru mengambil inisiatif serangan pada awal babak kedua.

Menit 48, Stoke membuang percuma peluang yang diciptakan Marko Arnautovic yang menerobos dari sisi kiri melepaskan umpan tarik yang hanya diakhiri tendangan melambung tak tentu arah oleh Joselu.

Di tengah dominasi permainan Stoke, City menciptakan gol ketiga saat Pablo Zabaleta membantu serangan ke depan dan melepaskan umpan tarik dari sisi kanan yang disambut sontekan mudah Iheanacho ke gawang lawan. City tiga Stoke nol.

Gol ini mematahkan semangat Stoke, sebaliknya City semakin trengginas dan menambah tenaga segar di lapangan dengan menarik keluar Aguero digantikan Wilfried Bony.

Hasilnya penyerang Pantai Gading itu memberikan kontribusi instan dengan melepaskan umpan terobosan kepada Iheanacho yang sempat mengecoh Haugaard sebelum membawa City unggul 4-0 pada menit 74.

City kini mencatat empat kali menang dan sekali seri pada lima pertandingan liga terakhirnya dan kemenangan dari Stoke membuat mereka berselisih bersih lima poin dari penempat posisi lima Manchester United yang menyimpan satu pertandingan lebih banyak.

Sementara itu  Stoke kalah tiga kali berturut-turut dalam pertandingan liga dengan kemasukkan 12 gol sehingga mengakhiri harapannya turut dalam kualifikasi Liga Europa.

Berikut susunan pemain seturut laman resmi Liga Utama Inggris.

Manchester City (4-4-2): Joe Hart (PG); Pablo Zabaleta, Nicolas Otamendi, Eliaquim Mangala, Aleksandar Kolarov; Jesus Navas, Fernando (Martin Demichelis), Yaya Toure, David Silva (Fabian Delph); Kelechi Iheanacho, Sergio Aguero (Wilfried Bony)
Pelatih: Manuel Pellegrini

Stoke City (4-2-3-1): Shay Given (PG/Jakob Haugaard); Phil Bardsley, Ryan Shawcross, Philipp Wollscheid, Marc Muniesa; Geoff Cameron, Glenn Whelan; Mame Biram Diouf, Giannelli Imbula, Marko Arnautovic (Charlie Adam); Joselu
Pelatih: Mark Hughes

Pewarta: Gilang Galiartha

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016