Jambi (ANTARA Jambi) - Jalan Sungaipenuh (Jambi)-Tapan (Sumatera Barat) tepatnya di kilometer 4 Puncak, Kota Sungaipenuh, Provinsi Jambi, putus total karena ruas jalan ambruk sepanjang enam meter.

Kepala Seksi Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi, Dalmanto mengatakan, ambruknya jalan itu ketika dilewati mobil tanki bermuatan, tapi sebelumnya tanah di bawah badan jalan sudah longsor akibat curah hujan yang tinggi.

"Longsor terjadi Selasa dini hari sekitar pukul 01.00 WIB tepatnya di kilometer 4 Desa Sungai Ning, Kecamatan Sungai Bungkal, Kota Sungai Penuh. Ketika mobil tanki bermuatan solar melintas jalan langsung ambruk dan mobil juga ikut terperosok ke dalam longsoran berbentuk jurang," kata Dalmanto di Jambi, Selasa.

Hingga saat ini, kata Dalmanto, akses jalan Kota Sungai Penuh menuju Tapan Pesisir Selatan (Sumbar) sementara putus total, jalan tidak bisa dilalui kendaraan yang hendak menuju Sungaipenuh maupun ke Tapan.

Menurut Kasat Lantas Polres Kerinci, AKP Supariyanto, ambruknya ruas jalan tersebut disebabkan oleh gorong-gorong di bawah badan jalan amblas setelah dilalui oleh mobil tangki BBM solar bernopol BA 9534 AU.

"Saat mobil tangki melintas dari Tapan menuju Sungaipenuh, tiba-tiba di lokasi badan jalan amblas. Sopir tidak dapat mengendalikan mobilnya sehingga terperosok dan ikut masuk ke badan jalan yang ambruk," kata Kasat.

Lebar longsor badan jalan katanya sekitar lima meter dan panjang enam meter. Lalu lintas menuju Sungaipenuh dari Tapan dan sebaliknya putus total.(Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016