Muarasabak (ANTARA Jambi) - Masyarakat Kelurahan Rantau Indah Kecamatan Dendang, Kabupaten Tanjabtim melakukan fogging atau pengasapan secara swadaya untuk mencegah berkembangnya penyakit demam berdarah di daerah itu. 

Ketua Rukun 01,  Musmulyadi di Muarasabak, Selasa, mengatakan, masyarakat secara sukarela mengumpulkan dana membeli minyak untuk foggyng itu menandakan antusias warga dalam menjaga kesehatan lingkungan, dan mencegah penyakit.

Lurah Rantau Indah, Ifriansyah mengungkapkan, masyarakat dengan swadaya untuk pembelian minyak, namun obatnya diberikan secara gratis oleh pihak Puskesmas. 
"Sumbangan untuk beli minyak itu dikarenakan didaerah situ tidak ada kasus. Dan dengan tersedianya obat untuk fogging itupun kita sudah terimakasih," paparnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjabtim, Syamsiran Halim melalui Kabid P2PL Jaifatul Anwar menjelaskan, upaya pengasapan untuk pencegahan DBD  tidak  melalui sistem pengajuan. 

"Dari dinas minyak ditangung, untuk 100 meter persegi. Diluar titik yang telah ditentukan, penyemprotan hanya ditanggung obatnya saja, namun minyak ditanggung masyarakat," kata dia.(Ant)

Pewarta: Novendra

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016