Jambi (ANTARA Jambi) - Daging ayam broiler mengalami kenaikan harga sebesar Rp1.000 per kilogram atau dari sebelumnya Rp25.000 kini menjadi Rp26.000 per kilogram di tingkat pedagang di Kota Jambi.

Kabid Perdagangan Dalam Negeri pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi Filda Deviarni di Jambi, Selasa, menjelaskan kenaikan harga daging ayam itu dikarenakan berkurangnya pasokan di tingkat pedagang.

Dijelaskan, Disperindag Provinsi Jambi memantau perkembangan harga dan distribusi barang kebutuhan pokok masyarakat di tiga pusat perbelanjaan, yakni Pasar Induk Angsoduo, Pasar Tradisional Talang Banjar dan Simpang Pulai.

Selain daging ayam broiler, harga cabai rawit hijau juga mengalami kenaikan di tiga pusat perdagangan itu, yakni dari sebelumnya Rp20.000 kini naik menjadi Rp22.000 per kilogram.

Kacang tanah juga mengalami kenaikan harga yakni dari Rp22.000 kini menjadi Rp23.000 per kilogram akibat berkurangnya pasokan di tiga pasar di Kota Jambi itu dalam dua hari terakhir, kata Filda menjelaskan.

"Kenaikan harga barang itu hanya bersifat sementara, atau sangat tergantung kelancaran pasokan. Mudah-mudahan, beberapa hari mendatang bisa turun lagi. Tapi yang pasti distribusi tetap lancar dan stok aman hingga bulan puasa Ramadhan 1437 Hijriah," kata dia.

Sementara untuk harga beras, minyak goreng, gula pasir, telur ayam, daging sapi dan beberapa jenis barang kebutuhan pokok masyarakat lainnya hingga saat ini masih stabil.

Harga beras kualitas pertama (merek anggur) bertahan Rp13.000 per kilogram, kualitas dua (merek belida, sepat siap, dan putri Palembang) juga stabil yakni Rp10.500 per kilogram. Sedangkan harga beras kualitas tiga (merek arjuna dan padi burung) Rp9.000 per kilogram.

Selanjutnya harga gula pasir produksi dalam negeri juga bertahan yakni Rp13.000 per kilogram, minyak goreng curah Rp10.500 per kilogram, kemasan (bimoli) Rp14.000 per kilogram. Daging sapi murni Rp120.000 per kilogram, telur ayam broiler Rp20.800 per kilogram. (Ant)

Pewarta: azhari

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016