Jambi (ANTARA Jambi) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari mencanangkan kampung KB di tingkat kabupaten di  Desa Tebing Tinggi Kecamatan Marosebo Ulu.

"Pencanangan KB ini demi mendukung terwujudnya Batanghari bersatu dan dapat meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia," kata  Bupati Batanghari, Syahirsah, Selasa.

Menurut dia, melalui pembangunan kependudukan dan keluarga berencana, dimana pemkab Batanghari melalui misi kesatu, yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang sehat, cerdas dan berkarakter.

"Dalam rangka mengatasi stagnasi pencapaian program KB dan semakin melemahnya implemenasi program KB di lapangan, maka dengan dibentuknya kampong KB diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyrakat di tingkat desa melalui program kependudukan, KB dan pembangunan keluarga serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas," katanya.

Ia menjelaskan, kampong KB juga diartikan sebagai kampong berencana, mulai dari orang tua merencanakan anaknya baik dari sisi jumlah dan pendidikannya. Kemudian memasukai kehidupan bekeluarga, meningkatkan derajat kesehatan masyrakat, menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

Bupati  juga mengingatkan SKPD terkait kampung KB bukan  hanya program keluarga berencana dan pembangunan keluarga saja, akan tetapi merupakan pembangunan yang menyangkut semua lini kehidupan masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Dengan dicanangkan kampong KB ini  pada hakikatnya pekerjaan baru saja dimulai. Artinya pekerjaan ini perlu dilanjutkan dengan pembinaan yang berkelanjutan sampai dengan tujuan dari dibentuknya kampong KB ini terwujud dan benar-benar membumi di Kabupaten Batanghari. (Ant)  

Pewarta: Heriyanto

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016