Jambi (ANTARA Jambi) - Wali Kota Jambi Sy Fasha mengatakan pihaknya sedang menyiasati limbah di sekitar kawasan TPA Talang Gulo.

"Itu memang limbah yang dihasilkan dari efek sampah dan pihaknya saat ini sedang menyiasati keberadaan limbah itu," kata wali kota Jambi di Jambi, Rabu.

"Kami masih merancang limbah sampah itu supaya bisa dikelola menjadi gas metana yang nantinya untuk gas rumah tangga yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," kata Fasha menambahkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) setempat, Moncar mengakui bahwa memang ada limbah hasil dari pengelolaan sampah itu.

Meski demikian, Moncar membantah jika limbah tersebut mengandung racun, karena sebelumnya limbah tersebut sudah melalui proses penyaringan dan netralisir.

"Limbah memang ada, tapi itu tidak beracun, kita sudah kelola dengan efektif, kita pastikan tidak mengandung zat lain," kata Moncar.

Penyaringan air limbah di kawasan TPA Talang Gulo itu, katanya sudah dilakukan sejak tahun lalu. Dan hingga kini pihaknya mengaku belum mendapat keluhan dari masyarakat soal limbah itu.

"Sampai saat ini belum ada warga yang mengeluh, kalau misalnya limbah itu ada efek negatifnya, pasti mereka sudah ada yang gatal-gatal. Tapi sampai saat ini belum ada," katanya menambahkan. (Ant)

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016