Jambi (ANTARA Jambi)- Soal Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat di Kota Jambi akan mulai didistribusikan ke Dinas Pendidikan kota setempat pada Jumat (6/5) besok.

"Soal UN SMP manual didistribusikan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Jumat besok atau tiga hari sebelum ujian, dan diperkirakan sudah tiba di Kantor Dinas Pendidikan Kota Jambi pada pukul 9.00 WIB ," kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar pada Disdik setempat, Arman di Jambi, Kamis.

Dikatakan Arman, dalam pendistribusian soal tersebut akan mendapat pengawalan dari pihak kepolisian setempat. Dan setelah soal tersebut tiba di Kantor Disdik Kota kemudian akan disusun sesuai dengan kebutuhan persekolah.

"Setelah sampai, soal itu kita hitung dan disusun persekolah, soal itu kita simpan di aula kantor kita dengan penjagaan 24 jam oleh pihak kepolisian," katanya.

Dikatakan Arman, kemudian pada minggu malam (8/5) soal tersebut akan dicek kembali oleh Wakil Walikota Jambi dan sekaligus akan memberi pengarahan kepada kepala sekolah.

"Pas pada pelaksanaan UN pada hari sebelum, sebelum pukul 06.30 WIB, soal-soal tersebut sudah didistribusikan ke sekolah masing-masing," katanya menjelaskan.

Arman menambahkan, pada tahun ini kelulusan siswa ditentukan dari hasil UN, melainkan berdasarkan penilaian pihak sekolah. Oleh karena itu pihaknya mengimbau kepada orang tua dan siswa tidak perlu berusaha untuk mencari bocoran soal.

"Jadi kita imbau jangan sampai percaya dengan bocoran soal, apalagi mencari kunci jawaban," katanya.

Selain itu, kepada siswa-siswi yang akan mengikuti ujian nasional diminta untuk tidak mempercayai adanya oknum yang mengaku mempunyai kunci jawaban dan sampai menawarkannya.

"Kalau ada ada oknum guru ataupun masyakat yang menawarkan kunci jawaban, kalau ada buktinya laporkan ke kami, dan tentunya kalau memang itu terbukti kita akan tindak lanjuti," kata Arman menambahkan. (Ant)

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016