Jambi (ANTARA Jambi) - Anggota DPR RI Sutan Adil Hendra, meminta Pemerintah Provinsi Jambi agar memperkuat sumber daya manusia (SDM) yang begerak dibidang pariwisata guna memajukan sektor tersebut.

"SDM yang bergerak bidang pariwisata juga harus menjadi perhatian pemerintah, karena tanpa ada SDM yang bagus tentu pariwisata tidak akan maju dan berkembang," katanya di Jambi, Kamis.

Hal tersebut disampaikan Sutan Adil Hendra yang juga Wakil Ketua Komisi X DPR RI itu saat membuka pelatihan dasar peningkatan SDM pariwisata di Provinsi Jambi.

Menurut Sutan, ada tiga kategori yang harus dibenahi pada sektor pariwisata. Yakni destinasi, infrastruktur dan industri pariwisata yang di dalamnya termasuk SDM, seperti yang bekerja pada jasa perhotelan, restoran, angkutan pariwisata dan lainnya.

Dia mengatakan, jika suatu daerah tidak memimiliki SDM pariwisata yang mempunyai klasifikasi baik dan mampu bersaing, dikhawatirkan sektor pariwisatanya akan kalah bersaing.

"Dari awal peningkatan SDM pariwisata ini harus dicari solusinya. Salah satunya kita lakukan pelatihan seperti ini, agar paham betul dengan pariwisata dan pembangunan pariwisata ini bisa meningkatkan pendapatan daerah," katanya menjelaskan.

Menurutnya, jika pengelola destinasi wisata di Provinsi Jambi didukung dengan ketersediaan SDM yang baik, maka destinasi itu akan menjadi favorit bagi wisatawan mancanegara.

"Mengapa pariwisata di Bali itu maju, karena semua rangkaian itu punya SDM berkualitas. Kalau SDM bagus, pasti wisatawan akan datang terus," kata Sutan Adil Hendra yang merupakan anggota DPR RI Dapil Jambi itu.

Sutan mengatakan, Kementerian Pariwisata adalah satu-satunya instansi yang anggarannya disetujui meningkat 300 persen oleh Komisi X guna memajukan sektor pariwisata di Indonesia. Yakni dari Rp2,5 triliun menjadii Rp5,6 triliun.

"Ini kesempatan, kita dorong terus pemerintah untuk meningkatkan daya saing pariwisata guna merealisasikan target kunjungan wiswan 20 juta pada 2019 mendatang," katanya menambahkan.(Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016