Jambi (ANTARA Jambi) - Sebanyak 5.729 lulusan SMA/sederajat di Provinsi Jambi, mendaftar melalui jalur seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) Universitas Jambi (Unja), kata Humas SBMPTN Unja, Ivan Fauzani.

Jumlah pendaftar tersebut diprediksi masih akan bertambah, mengingat masih ada waktu beberapa hari lagi sebelum pendaftaran ditutup yakni pada 20 Mei 2016, katanya di Jambi, Senin.

Jumlah pendaftar tersebut tercatat hingga Sabtu (14/5).     Kebiasaannya oara calon memilih waktu mendaftar menjelang penutupan dan pendaftaran mengunakan sistim jaringan internet, katanya menjelaskan.

"Kami mengimbau bagi calon peserta supaya mendaftar tidak berdekatan dengan waktu penutupan, dikhawatirkan sistem jaringan internet sewaktu-waktu mengalami kendala akibat pendaftar yang bersamaan," katanya.

Menurutnya, jika tidak segera mendaftar nantinya akan merugikan calon peserta itu sendiri. Karena setelah mendaftar calon peserta masih harus mencetak kartu peserta dan membayar uang pendaftaran di bank.

"Kalau sudah mantap dengan pilihannya segeralah mendaftar, mekanisme SBMPTN ini menggunakan jaringan internet," katanya menjelaskan.

Untuk biaya penyelenggaraan SBMPTN, kata Ivan ditanggung oleh peserta yakni sebesar Rp200 ribu yang dibayarkan melalui bank yang telah ditunjuk yaitu Bank Mandiri dan Bank BNI.

Setelah pendafataran ditutup, selanjutnya akan dilaksanakan ujian SBMPTN di Universitas Jambi secara serentak pada 31 Mei 2016 dengan menggunakan sistem Paper Based Test (PBT).

"Karena keterbatasan sarana parasarana, untuk di Unja ujian SBMPTN tidak menerapkan sistem Computer Based Test (CBT), tetapi hanya menggunakan satu sistem yaitu hanya PBT yang nantinya akan dilaksanakan di gedung Unja," kata Ivan menambahkan.(Ant)

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016