Jambi (Antara Jambi)- Ujian Nasional (UN) tingkat sekolah dasar/sederajat tahun ajaran 2015-2016 di Kota Jambi diikuti oleh 11.112 siswa, kata Kepala Dinas Pendidikan (Dsidik) kota setempat, Syaiful Huda.

"Jumlah peserta tersebut terdiri dari peserta laki-laki sebanyak 5.587 siswa dan peserta perempuan 5.255 siswi," katanya di Jambi, Senin.

Dia mengatakan, pada pelakasanaan UN tingkat sekolah dasar/sederajat yang menyelenggarakan sebanyak 252 sekolah baik negeri maupun swasta.

"Dari 252 sekolah penyelenggara itu dengan rincian SD Negeri sebanyak 183 sekolah, SD swasta 37 sekolah dan madrasah ibtidaiyah negeri satu sekolah dan madrasah ibtidaiyah swasta 31 sekolah," katanya.

Selain itu, syaiful menyebutkan, pada hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat sekolah dasar/sederajat di daerah itu berlangsung lancar.

"Hari pertama ini sesuai jadwal UN dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia yang berlangsung lancar, dan kita berharap tiga hari ke depan masih tetap lancar," katanya.

Dia mengatakan, sebelum pelaksanaan UN tersebut, naskah soal-soal sudah di distribusikan ke UPTD sub rayon masing-masing dengan pengawalan dari pihak keamanan, yang kemudian pada pagi harinya naskah soal tersebut baru diambil oleh kepala sekolah penyelenggara.

"Soal yang boleh diambil untuk mata pelajaran hari itu saja, ini bermaksud untuk menghindari adanya kebocoran soal," kata dia.

Meskipun pelaksanaan UN tingkat SD/sederajat tidak terlalu mengkhawatirkan atau tidak sama seperti pelaksanaan UN tingkat SMP dan SMA, namun pola pengaman soal dan pengawasan tetap dilakukan sesuai dengan standar operasional prosedur.

"Tetap sama kami melakukan pengawasan sesuai SOP karena ujian nasional tersebut sangat perlu kita tekankan dengan berintegritas," katanya menambahkan.

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016