Jambi (ANTARA Jambi) - Kontingen Batanghari keluar sebagai juara umum setelah berhasil meraih 15 medali emas dalam Pekan Paralympic Pelajar Provinsi (Peparpeprov) Jambi VII di Kota Jambi, 16-20 Mei 2016.

Ketua National Paralympic Comitte (NPC) Kabupaten Batanghari, Eka Rosa Hibrida, di Jambi, Kamis, mengatakan kontingen Batanghari berhasil meraih 15 medali emas, 15 medali perak dan delapan perunggu pada Peparpeprov Jambi VII/2016.

Raihan medali emas Batanghari tersebut paling banyak diraih atlet cabang atletik dengan 12 medali emas.

Rosa mengatakan, capaian ini merupakan sukses luar biasa karena kontingen Batanghari dapat mempertahankan prestasi seperti tahun lalu. 

Dikatakannya, untuk Peparpeprov itu atlet yang dikirim hanya 16 orang yang sebelumnya suduah digembleng dengan latihan rutin. Para atlet difabel Batanghari semakin termotivasi dengan adanya prestasi itu.

Rosa juga mengharapkan untuk mempertahankan prestasi itu juga diperlukan dukungan dan motivasi dari pemerintah kabupaten dan satu diantaranya dengan memberikan insentif atlet secara berkelanjutan sehingga ditahun depan mereka bisa mempertahankan prestasi itu.

Selanjutnya mendukung sarana dan prasarana untuk para atlet NPC Batanghari, yang saat ini belum memiliki tempat latihan khusus dan permanen karena selama ini latihan masih menggunakan fasilitasi KONI Batanghari, sehingga saat tempat tersebut digunakan latihan para atlet paralimpik harus dipindahkan.

Peparpeprov VII/2016 Jambi diikuti oleh para pelajar penyandang difabel dari kabupaten/kota se Provinsi Jambi. Ajang ini merupakan multievent dua tahunan difabel sebagai bentuk perhatian Pemprov Jambi terhadap pembinaan dan pengembangan olahraga bagi difabel dengan mempertandingkan empat cabang olahraga yakni atletik, bulu tangkis, tenis meja dan renang.

Peringkat kedua Peparpeprov VII/2016 Jambi direbut Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang meraih 12 medali emas dan 1 perak. Sedangkan posisi tiga ditempati Kota Jambi dengan 10 medali emas, tujuh perak dan enam perunggu. (Ant)

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016