Jambi (ANTARA Jambi) - Pemerintah Provinsi Jambi melalui Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam, menyatakan, stok elpiji 3 kilogram dan Bahan Bakar Minyak (BMM) untuk provinsi itu aman hingga lebaran.

"Ketersediaan elpiji dan BBM itu bahkan cukup hingga akhir tahun nanti," kata Kepala Biro Administrasi Perekoniman dan Sumber Daya Alam provinsi setempat, Masheruddin Wahab di Jambi, Minggu.

Masheruddin mengungkapkan bahwa saat ini Pertamina telah menyiapkan sebanyak 64.735 metrik ton elpiji untuk Provinsi Jambi dalam menghadapi lebaran dan hingga akhir tahun.

"Dari jumlah stok itu saat ini baru digunakan sebanyak 30 persen. Jadi diyakini cukup sampai akhir tahun nanti," katanya menjelaskan.

Sementara untuk stok BBM jenis Premium saat ini tersedia sebanyak 3.248 kilo liter hingga tiga hari ke depan. Sedangkan Solar tersedia 6.442 kiloliter sampai enam hari ke depan.

Kemudian BBM jenis Pertamax tersedia sebanyak 406 kilo liter hingga sembilan hari ke depan, Pertadex tersedia 264 kilo liter hingga 100 hari ke depan dan Pertalite sebanyak 991 kilo liter hingga sembilan hari ke depan.

"BBM ini kan dilaporkan ke pemerintah provinsi tiap dua minggu sekali. Stok untuk lebaran hingga akhir tahun untuk masyarakat Jambi dipastikan juga mencukupi," katanya.

Masheruddin menjelaskan, pasokan BBM tersebut disuplai dari Palembang ke Pertamina Jambi menggunakan kapal. Dalam satu minggu BMM dikirim sebanyak tiga kali.

"Jadi intinya ketersediaan BBM kita selama Ramadhan dan Idul Fitri, dan bahkan hingga akhir tahun tetap aman. BBM ini juga kita distribusikan ke daerah-daerah yang menjadi jalur arus mudik sebelum dan sesudah lebaran," katanya menambahkan. (Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016