Jambi (ANTARA Jambi) - Peringatan hari kebangkitan nasional (Harkitnas) yang dilaksanakan ratusan pegawai negeri sipil dilingkungan Sekretariat Kabupaten Batanghari berlangsung sederhana, dan bertindak sebagai inspektur upacara bupati Syahirsyah di lapangan kantor bupati setempat di Muarabulian.

Bupati Batanghari Syahirsah membaca sambutan tertulis  dari Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara,  mengatakan salah satu inspirasi yang bisa diserap dari berdirinya Boedi Oetomo sebagai sebuah organisasi modern pada tahun 1908 adalah munculnya sumber daya manusia Indonesia yang terdidik.

Kemudian memiliki jiwa nasionalisme kebangsaan, dan cita-cita mulia untuk melepaskan diri dari penjajahan.

"Dengan tampilnya sumber daya manusia yang unggul inilah semangat kebangkitan nasional dimulai,” katanya.

Seperti pada Perjuangan Boedi Oetomo yang dipimpin oleh Dokter Wahidin Soedirohoesodo dan Dokter Soetomo tersebut kemudian dilanjutkan oleh kaum muda pada tahun 1928 yang kemudian melahirkan Soempah Pemoeda. 

"Dan melalui perjuangan yang tak kenal lelah akhirnya kita dapat memproklamirkan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945. Dan sejak diproklamirkannya kemerdekaan, kita bangsa Indonesia telah berjanji dan berketetapan hati bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini adalah harga mati yang tidak dapat ditawar-tawar lagi dalam kondisi dan keadaan apapun," ujarnya.
        

Pewarta: Heriyanto

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016