Jambi (ANTARA Jambi) - Harga cabai di sejumlah pasar tradisional di Jambi mulai mengalami kenaikan setelah sebelumnya harga komoditi itu sempat anjlok hingga Rp14 ribu per kilogram.

Berdasarkan hasil pantauan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jambi, Selasa, harga cabai merah besar naik 13 persen dari harga satu hari sebelumnya.

"Beberapa hari sebelumnya harga cabai merah besar hanya Rp14-16 ribu per kilogram karena pasokan melimpah. Tapi hari ini mulai naik menjadi Rp18 ribu per kilogram atau mengalami kenaikan Rp2.000 disebabkan pasokan berkurang," kata Kepala Bidang Perdagangan dalam Negeri Disperindag provinsi setempat, Filda Devriani di Jambi, Selasa.

Sedangkan harga cabai merah keriting juga mengalami kenaikan dari Rp18 ribu per kilogram menjadi Rp20 ribu per kilogram atau mengalami kenaikan sebesar 11 persen juga disebabkan berkurangnya pasokan.

Kemudian harga cabai rawit hijau juga mengalami kenaikan harga, dari Rp16 ribu per kilogram menjadi Rp18 ribu per kilogram disebabkan berkurangnya pasokan ke pedagang.

"Ini merupakan hasil pantauan di tiga pasar tradisional terbesar di Jambi. Yaitu pasar Angsoduo, Talang Banjar dan Simpang Pulai," kata Filda.

Menurut Filda, perubahan harga tersebut tidak begitu bergejolak, karena harga cabai saat ini masih dalam kondisi turun atau masih harga rendah.

"Satu minggu lalu harga terendah sempat Rp14 ribu per kilogram, ini cukup rendah sekali. Biasanya kan bisa mencapai Rp50-70 ribu per kilogram. Umumnya kenaikan harga cabai karena berkurangnya pasokan," katanya menambahkan. (Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016