Jambi (ANTARA Jambi) - Harga daging ayam broiler (ras) terus bergerak naik di tingkat pedagang di sejumlah pasar di Kota Jambi dari sebelumnya Rp30.000 kini berkisar Rp32.000 hingga Rp33.000 per kilogram.

Kasi bina usaha dan distribusi pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jambi M Zaini di Jambi, Rabu, menjelaskan bergerak naiknya harga daging ayam itu disebabkan pasokan berkurang dari peternak dalam beberapa hari terakhir.

Ia menjelaskan, Disperindag Provinsi Jambi secara rutin memantau perkembangan harga bahan kebutuhan pokok masyarakat di tiga pasar besar di Kota Jambi, yakni Pasar Induk Angsoduo, Pasar Tradisional Talang Banjar dan Simpang Pulai.

"Kami berharap hingga beberapa hari menjelang puasa Ramadhan 1437 Hijriah, harga daging ayam dan barang kebutuhan pokok lainnya tidak terjadi lonjakan, dan distribusi tetap lancar untuk memenuhi permintaan pasar," katanya menjelaskan.

Sementara itu, harga bawang merah lokal masih bertahan tinggi yakni mencapai Rp38.000 per kilogram, dan bawang  putih Rp35.000 per kilogram, disebabkan berkurangnya pasokan.

Untuk daging sapi, kata dia, harganya masih bertahan yakni Rp120.000 per kilogram, dan daging ayam kampung Rp43.000 per kilogram, kata M Zaini menjelaskan.

Ia juga menyebutkan, harga gula pasir masih bertahan tinggi yakni Rp15.000 per kilogram karena suplai dari daerah sentra yakni di Pulau Jawa masih terbatas, sementara permintaan tetap normal.

 Zaini juga menjelaskan, harga beras juga masih normal karena pasokan lancar ditingkat pedagang, seperti beras kualitas baik (merek anggur) Rp13.000 per kilogram. Beras kualitas kedua (merek belida, sepat siam dan putri Palembang) yakni Rp10.500 per kilogram. (Ant)

Pewarta: Azhari

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016