Jambi (ANTARA Jambi) - Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menyatakan stok sembako di provinsi itu selama bulan Ramadhan hingga hari raya Idul Fitri 1437 Hijriah dipastikan aman.

Kepala Dinas Disperindag Provinsi Jambi M Zaki di Jambi, Jumat, mengatakan stok sembako yang tersedia bahkan mencukupi hingga tiga bulan ke depan.

"Untuk stok dari distributor kita melakukan monitoring setiap satu minggu sekali, kita yakin stok sembako seperti beras, gula, kacang tanah, kacang kedelai dan minyak goreng tersedia selama Ramadhan dan mencukupi untuk tiga bulan," katanya.

Zaki mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan 14 distributor sembako di Jambi. Dasar itulah pihaknya memastikan ketersediaan sembako akan aman dan tidak mengalami kekurangan.  

Dirincikannya, untuk stok beras tersedia sebanyak 20.800 ton, gula pasir 1.900 ton, tepung bermerek 17.630 ton, kacang tanah 100 ton, kacang hijau 95 ton, kacang kedelai 260 ton, minyak goreng 16.115 ton, minyak kemasan 65 ton dan beras ketan 85 ton.

"Untuk beras itu tidak termasuk stok yang ada di Bulog Divre Jambi. Di Bulog sangat cukup, ada ribuan ton. Jambi tidak akan kekurangan beras," katanya.

"Dengan banyaknya stok itu, kita juga menyakini saat Ramadhan dan menjelang lebaran sembako tidak mengalami gejolak kenaikan harga," katanya.

Zaki menambahkan, Disperindag juga akan menggelar operasi pasar secara berkala selama Ramadhan untuk menekan harga kebutuhan pokok tersebut jika memang terjadi kenaikan. Khususnya beras dan gula. (Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016