Jambi (ANTARA Jambi)  - Pemerintah Kota Jambi menyediakan sebanyak 15.000 paket sembako murah untuk dijual kepada masyarakat yang kurang mampu di daerah itu dalam menghadapi bulan puasa.

"Penyaluran sembako murah ini diharapkan bisa membantu meringankan beban masyarakat dalam memenuhi beberapa kebutuhan pokok dalam menjalankan ibadah puasa," kata Wakil Wali Kota Jambi Abdullah Sani, saat membuka secara simbolis penyaluran sembako murah di Kecamatan Danau Sipin, kota setempat, Senin.

Dijelaskannya, paket yang disediakan tersebut terdiri dari minyak goreng 2 liter, tepung terigu 1 kilogram, gula pasir 1 kilogram, margarin 2 sachet dan satu susu kaleng.

"Masyarakat kurang mampu dapat membeli dengan harga Rp40 ribu sementara harga normalnya di pasaran mencapai Rp60 ribu," kata Sani.

Menurutnya, saat menjelang bulan puasa, harga sejumlah kebutuhan barang pokok relatif tinggi, sehingga dengan penyaluran tersebut setidaknya dapat meringankan beban masyarakat terutama warga kurang mampu.

"Saya minta kepada panitia yang menyalurkan untuk betul-betul teliti supaya paket sembako tepat sasaran atau tersalurkan ke masyarakat yang memang membutuhkan. Saya ingatkan juga kepada warga jangan sampai nanti sudah dibeki paket tersebut malah dijual lagi dengan harga normal," katanya menjelaskan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Jambi, Komari mengatakan, sebanyak 15.000 paket sembako tersebut akan disebar di 11 kecamatan di Kota Jambi yang sesuai jadwalnya.

"Paket ini untuk 11 kecamatan, dan nanti dalam penyalurannya akan dijadawalkan, yang jelas lokasinya di titik strategis disemua wilayah kecamatan supaya mudah dijangkau," katanya.

Ia menjelaskan, sebelum penyaluran paket sembako murah tersebut pihaknya telah bekerjasama dengan pihak kecamatan dan kelurahan guna mendata warga yang berhak menerima yang kemudian di berikan kupon sebagai penanda.

"Untuk mengantisipasi kenakalan oknum masyarakat supaya tidak berulang kali mendapatkan paket sembako murah itu, maka bagi warga yang telah mendapatkan paket bako itu akan diberi tanda," katanya menjelaskan.

Selain itu, dalam pendistribusian tersebut kata Komari pihaknya juga mengandeng perusahaan BUMN yaitu Perusahan Perdagangan Indonesia (PPI) Persero yang juga menggelar pasar murah untuk bahan pokok gula pasir.

"PPI juga menggelar pasar murah yang menjual gula dengan harga Rp12.500 per kilogram. Sementara harga dipasaran tergolong tinggi mencapai Rp15.000 per kilogram," katanya menambahkan.

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016