Jambi (ANTARA Jambi) - Dinas Pendidikan Provinsi Jambi menegaskan bahwa pengumuman hasil Ujian Nasional (UN) SLTP sederajat 2016 di provinsi ini dikirimkan langsung ke alamat setiap siswa.

Kepala Dinas Pendidikan provinsi setempat Rahmat Derita, di Jambi, Kamis, mengatakan bahwa kebijakan itu untuk menghilangkan tradisi para siswa berkumpul dan merayakan kelulusan dengan melakukan konvoi di jalan umum.

"Pengumuman hasil UN untuk tingkat SMP dan MTs akan langsung diantar ke alamat siswa masing-masing pada Sabtu (11/6) sekitar pukul 14.00 WIB. Jadi, mereka tidak perlu berbondong-bondong datang ke sekolah untuk mengetahui lulus atau tidak lulusnya," kata Rahmat lagi.

Cara itu, menurutnya, membuat pada saat pengumuman hasil UN SMP dan MTs para siswa tidak akan berada pada satu titik pertemuan untuk berkumpul bersama.

Upaya itu juga menghindari aksi coret-coret baju seragam dan konvoi di jalan raya.

"Kalau tempat titik kumpulnya di sekolah maka dari situlah mereka akan konvoi, tapi tahun ini tidak ada titik kumpul dan tentu kita berharap tidak ada aksi konvoi mereka lagi," ujarnya.

Rahmat mengimbau kepada orang tua siswa serta wali siswa baik SMP dan MTs agar peduli dengan anaknya masing-masing, serta jangan membiarkan mereka mencoret baju seragam yang masih berharga tersebut.

"Mungkin mereka tidak membutuhkan lagi, tetapi masih ada yang lain sangat membutuhkan pakaian seragam itu," kata Rahmat pula.

"Alangkah baiknya seragam itu disimpan, dikumpulkan dan diserahkan bagi orang-orang yang membutuhkan," katanya lagi.

Rahmat menambahkan, hasil UN SMP sederajat di Provinsi Jambi tahun ini mengalami penurunan dibandingkan tahun 2015 lalu, antara lain karena kurang efektif jam belajar siswa akibat kebakaran hutan dan lahan yang menimbulkan kabut asap sehingga siswa banyak diliburkan. (Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016