Jambi (ANTARA Jambi) - Bahan Bakar Minyak (BBM) Solar jenis baru Dex Lite mulai dijual di Jambi dan akan 'dilanching' dalam waktu dekat di lima Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di provinsi itu.

Kepala Biro Sumber Daya Alam (SDA) Setda Provinsi Jambi, Masheruddin Wahab mengatakan, dengan diluncurkannya BBM Dex Lite tersebut, maka Jambi juga memiliki tambahan jenis bahan bakar.

"Untuk sementara baru akan dilaunching di lima SPBU yang berada di jalan lintas atau jalur arus mudik lebaran," kata Masheruddin di Jambi, Kamis.

Dijelaskaannya, ke lima SPBU yang akan menyediakan Dex Lite tersebut berada di Kabupaten Bungo, Bangko dan Sarolangun.

"Untuk sementara di kabupaten itu dulu, karena tujuannya membantu kelancaran arus mudik, jadi kita baru siapkan di sana. Kalau untuk Kota Jambi belum," katanya.

Ditanya berapa jumlahnya kuota Dex Lite untuk Jambi secara keseluruhan, Masheruddin belum dapat memastikan karena BBM ini baru akan di lanching dulu di Jambi.

Masheruddin menjelaskan, solar bernama Dex Lite ini merupakan sejenis dengan BBM solar, namun kwalitasnya berada di atas solar dan di bawah Pertadex.

Dex Lite, katanya, memiliki Cetane Number (CN) 51 yang kualitasnya lebih baik dari solar subsidi yang dijual. Dex Lite juga memiliki emisi yang lebih baik dibandingkan solar biasa.

Sedangkan untuk harga, berada di kisaran Rp6.000-Rp 7.000 per liter. Lebih irit dan memiliki emisi jauh lebih bagus. Kandungan sulfur Dex Lite 1.000-1.2000 ppm, sementara solar 3.000-3.3000 ppm.

"Kalau bensin kan ada pertalite, kalau solar ada Dex Lite ini," katanya menambahkan. (Ant)

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016