Medan (ANTARA Jambi) - Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo meminta kepada semua prajurit TNI AD, AU, dan AL harus memperbanyak untuk memberikan sedekah selama bulan suci Ramadhan tahun 2016.

"Kegiatan amal sosial yang dilakukan dengan secara ikhlas itu, atas rasa sukur kepada Allah SWT," ujar Gatot pada acara Silaturahim dan Safari Ramadhan Panglima TNI bersama prajurit, PNS, dan keluarga Tahun 2016 di Lapangan Benteng Medan, Jumat.

Acara tersebut juga dihadiri Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Lodeywk Pusung, Gubernur Sumut HT Erry Nuradi, dan Kapolda Sumut Irjen Pol Raden Budi Winarso.

Panglima TNI mengatakan, pemberian sedekah kepada fakir miskin, anak yatim, dan orang yang tidak mampu itu tidak hanya diberikan oleh orang kaya, tetapi juga bagi prajurit.

Pemberian sedekah tersebut, menurut dia, merupakan kepedulian prajurit kepada warga yang memerlukan bantuan, apalagi pada bulan puasa.

"Jadi, para prajurit harus memperbanyak amal, sedekah, dan kebaikan terhadap sesama manusia," ujar jenderal bintang empat itu.

Selain itu, ia juga berharap kepada prajurit TNI agar tetap mampu bertugas dan melakukan pengabdian kepada NKRI.

Dalam sambutan tersebut, Gatot Nurmantyo juga menceritakan tentang kisah seorang penjual bakso di Pulau Jawa yang mampu menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekkah.

Panglima TNI mengisahkan, dari hasil penjualan bakso tersebut, penjual bakso selalu rajin menyimpan uangnya di dalam dompet sebagai modal usaha dan di dalam laci untuk amal sedekah jariyah, sehingga selalu bisa berkurban pada Hari Raya Haji.

Sedangkan dalam celengan yang terbuat dari kaleng, hasil penjualan bakso tersebut ditabungkan untuk menunaikan ibadah haji.

Ia menyebutkan, untuk menunaikan ibadah haji tersebut memang disyaratkan bagi orang yang dianggap mampu.

Namun, kemampuan itu bukanlah ditentukan oleh gubernur, bupati, wali kota atau manusia lainnya.

"Kemampuan tersebut justru ditentukan oleh diri kita sendiri, dan marilah kita bersama-sama menjadi orang mampu, dan termasuk prajurit TNI," kata mantan KSAD itu.

Kegiatan Safari Ramadhan di Kota Medan, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo bersama rombongan juga buka puasa bersama prajurit, anak yatim, dan shalat Tarawih bersama.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016