Jambi (ANTARA Jambi) - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi mencatat wilayah pedesaan di Provinsi Jambi mengalami deflasi sebesar 0,07 persen dengan perubahan Indeks Harga Konsumen (IHK) perdesaan 123,68.

Jika dilihat menurut kelompok konsumsi rumah tangga deflasi terjadi pada kelompok bahan makanan sebesar 0,26 persen serta   transportasi dan komunikasi sebesar 0,29 persen, kata Kepala BPS Jambi, Dadang Hardiawan, Selasa.

Sedangkan inflasi pedesaan terjadi pada lima kelompok pengeluaran yaitu makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,90 persen. Selain itu kelompok perumahan 0,15 persen, sandang 0,46 persen, kesehatan 0,10 persen serta kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga 0,10 persen.

Sementara itu secara umum untuk Kota Jambi mengalami inflasi sebesar 0,89 persen dan Kabupaten Bungo deflasi sebesar 0,91 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) Kota Jambi sebesar 122,09 dan Indeks Harga Konsumen (IHK) Kabupaten Bungo tercatat sebesar 120,13.

Inflasi di Kota Jambi terjadi pada enam kelompok pengeluaran barang dan jasa karena adanya kenaikan indeks, dan deflasi di Kabupaten Bungo terjadi pada tiga kelompok pengeluaran barang dan jasa karena adanya penurunan indeks.

Untuk laju inflasi tahun kalender Kota Jambi pada bulan ini sebesar 0,33 persen dan juga laju inflasi "year on year" sebesar 2,86 persen. Sedangkan laju inflasi tahun kalender Kabupaten Bungo sebesar minus 0,39 persen dengan laju inflasi "year on year" sebesar 3,05 persen.(Ant)

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016