Jambi (ANTARA Jambi) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Jambi menyiapkan dua unit bus cadangan untuk mengantisipasi jika terjadi jumlah lonjakan penumpang saat puncak arus mudik lebaran tahun ini.

"Kami menyiapkan dua unit bus yang bisa digunakan jika ada Perusahaan Otobus (PO) yang kekurangan armada. Nantinya Bus tersebut bisa digunakan kapan saja untuk mengangkut penumpang," kata Kepala UPTD Angkutan Orang Dishub kota setempat Saipul Ansori di Jambi, Minggu.

Dia mengatakan, dua unit bus cadangan tersebut nantinya "standby" di Terminal Alam Barajo, Kota Jambi, dan siap mengangkut penumpang jika dibutuhkan dalam mengantisipasi terjadinya penumpukan penumpang.

"Kami memprediksi lonjakan penumpang saat arus mudik di terminal ini akan terjadi pada H-7 hingga H-3 sebelum lebaran," kata Saipul.

Selain itu, guna mengantisipasi lonjakan penumpang kata Saipul pihaknya telah menyurati PO untuk mempersiapkan penambahan armada sebanyak tiga unit.

"Kami juga sudah menghubungi PO yang beroperasi di Jambi agar mereka menambah armada. Biasanya setiap PO nanti pasti menyediakan tambahan minimal satu armada baik untuk AKAP atau AKDP," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Jambi Sy Fasha mengatakan telah menginstruksikan kepada Dinas Perhubungan untuk melakukan berbagai persiapan guna mengantisipasi lonjakan penumpang yang melalui terminal itu.

"Saya sudah instruksikan agar memberi surat edaran kepada PO atau travel untuk menambah armada mereka. Ini agar jumlah penumpang bisa terangkut semuanya," kata Fasha.
    Selain itu Walikota juga meminta Dishub agar memastikan kendaraan yang mengangkut pemudik sudah diperiksa kelaikan angkutan. Sehingga penumpang bisa merasa aman dan tingkat kecelakaan pun bisa diminimalisir.

"Hingga saat ini tidak ada laporan adanya kendala dalam menghadapi arus mudik. Karena kita sudah persiapkan jauh-jauh hari, sebab ini adalah kegiatan rutin setiap tahunnya. Kita sudah melakukan antisipasi sejak awal," kata Fasha. (Ant)

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016