Jambi (ANTARA Jambi)  - Gubernur Jambi Zumi Zola mengadukan permasalahan listrik di Jambi kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan mengharapkan dukungan dan bantuan dari presiden.

Pernyataan tersebut disampaikan Zumi Zola pada puncak peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) di Jambi yang dihadiri langsung Presiden Jokowi, Kamis.

Selain soal kelistrikan, Zola juga mengharapkan dukungan pembangunan pelabuhan Muara Sabak dan Pelabuhan Ujung Jabung di wilayah pesisir timur Jambi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat provinsi itu.

Zola mengungkapkan, kondisi listrik di Provinsi Jambi saat ini sering padam. Sebab itu dari rencana pengadaan suplai energi listrik 35.000 Mega Watt oleh Pemerintah Pusat, dan berdasarkan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 1.800 Mega Watt untuk Provinsi Jambi itu, benar-benar terwujud.

 "Kita minta suplai listrik untuk Jambi itu jangan dikurangi lagi, sebab itu sangat dibutuhkan dalam pembangunan Provinsi Jambi," kata Zola.

Zola juga mengharapkan bantuan Jokowi dalam pembangunan pelabuhan yang representatif di Jambi, yang sejalan dengan konsep pembangunan poros maritim dan tol laut.

Zola juga berharap Jambi bisa segera memiliki pelabuhan standar internasional (international port).

Sementara terkait pembangunan koperasi di wilayahnya, Zola mengatakan bahwa Pemprov Jambi sangat serius dalam pembangunan koperasi dan akan terus melakukan pembinaan agar koperasi terus semakin berkembang.

Dikatakan Zola, ada 2.264 koperasi yang aktif di Provinsi Jambi dengan jumlah anggota sebanyak 368.413 orang, dan Pemprov Jambi bekerja sama dengan pemerintah kabupaten/kota dan Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Provinsi Jambi serta seluruh pihak terkait terus berupaya untuk melakukan pembinaan koperasi.

Zola menambahkan, sejalan dengan pembangunan koperasi yang kebanyakan berada di desa-desa, Pemprov Jambi juga terus berusaha menggalakkan pembangunan ekonomi dan infrastruktur pedesaan.


Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016