Jambi (ANTARA Jambi) - Gubernur Jambi Zumi Zola mengatakan, memasarkan kreatifitas kerajinan UMKM dari daerah merupakan upaya mensejahterakan dan memperkuat ekonomi masyarakat.

"Produk bermutu tentu mendatangkan manfaat bagi pelaku UKM dan masyarakat dan ini perlu dilakukan," katanya usai membuka Indonesia City Expo dalam rangkaian Musyawarah Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Munas Apeksi) V di Kota Jambi, Rabu.

Menurut Zola, memasarkan hasil kreatifitas UMKM merupakan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat serta berusaha menjadikan produk unggulan berkembang sampai ke luar negeri

"Memasarkan produk unggulan UMKM adalah langkah daerah agar memiliki peluang internasional. Sebab itu perkuat juga pasar dalam negeri," kata Zola.

Zola mengatakan, kualitas atau mutu produk yang dihasilkan menjadi bagian yang sangat penting dalam menjaga minat konsumen untuk membeli produk atau barang yang dihasilkan pelaku usaha.

Indonesia City Expo 2016 di Jambi itu memasarkan produk unggulan dari berbagai kota di seluruh Indonesia. Pemasaran produk unggulan daerah itu mendapat dukungan pemerintah.

Sementara itu, Walikota Jambi SY Fasha mengatakan, Indonesia City Expo dalam rangkaian Munas Apeksi ini merupakan ajang promosi setiap daerah dengan memperkenalkan produk unggulannya masing masing.

Selain itu, Indonesia City Expo kata Fasha juga bertujuan merevitalisasi produk, agar produk menjadi berkualitas dan memiliki nilai tambah serta bertaraf internasional.

Indonesia City Expo yang digelar di halaman Gelanggang Olah Raga (GOR) Kota Jambi itu diikuti sebanyak 57 peserta dari perwakilan beberapa kota di Indonesia ditambah perusahaan BUMN, dengan 84 anjungan.

Rangkaian ajang promosi berbagai produk unggulan, hasil kerajinan dan berbagai olahan lainnya itu digelar lima hari ke depan hingga 31 Juli 2016.

Berbagai produk unggulan seperti kerajinan tangan, makanan hasil olahan dan produk lainnya dari daerah masing-masing itu di promosikan pada sebuah anjungan yang telah ditata rapi guna menarik minat pengunjung. (Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016