Jambi (ANTARA Jambi) - Candi Gumpung 2 di komplek percandian Muarojambi, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi, rampung dipugar oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) provinsi setempat.

"Kita sudah menyelesaikan pemugaran tahap kedua Candi Gumpung 2, yaitu struktur bangunan sembilan, 10 dan 11," kata Kepala Unit Dokumentasi pada Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi Sri Mulyati di Jambi, Jumat.

Proses pemugaran tahap kedua tersebut katanya memakan waktu tiga bulan dengan melibatkan belasan pekerja dari warga di sekitar komplek percandian Muarojambi.

"Semua tukang itu warga sekitar dan pekerja lama, sudah biasa melakukan pemugaran candi di beberapa wilayah," katanya.

Dijelaskannya, dalam proses pemugaran tersebut pihaknya menggunakan metode ekpatasi dan rekontruksi bangunan yang didapat dari hasil diskusi para Arkeolog.

Secara menyeluruh Candi Gumpung 2 tersebut mempunyai 12 struktur bangunan. Namun dari 12 struktur bangunan tersebut yang telah selesai dipugar baru tiga struktur yaitu struktur satu, sembilan, 10 dan 11.

"Tahun 2015 kita menyelesaikan pemugaran pertama Candi Gumpung 2, yaitu struktur satu. Struktur satu itu pekerjaan yang berat karena itu bangunan utama," katanya menjelaskan.

Dikatakan Sri Mulyati, saat ini bentuk bangunan yang terdapat di Candi Gumpung 2 tersebut masih menggunakan angka untuk penamaan struktur bangunan.

"Untuk memastikan nama struktur bangunan itu perlu literatur dan instrumen lainnya, sehingga saat ini untuk penamaan struktur bangunan di Candi Gumpung 2 itu kita masih menggunakan struktur angka," katanya.

Pasca pemugaran tersebut kata dia akan ada evaluasi dan terus dilakukan penanganan tetap secara rutin yang diserahkan kepada pihak juru pelihara. Dimana juru pelihara akan memantau terus dengan merawat dan membersihkan di kawasan candi.

BPCB Jambi kata Sri pada tahun 2017 akan memugar lagi Candi Gumpung 2 tahap ke tiga setelah proses studi kelayakan, pendataan dan menentukan volume studi teknis itu selesai dilaksanakan.

"Dimulai lagi tahun depan pemugaran tahap selanjutnya, sasaran pemugarannya yaitu di sisi selatan bangunan induk Candi Gumpung 2," katanya.

Percandian Muarojambi yang merupakan komplek percandian terluas di Indonesia itu kata Sri sudah ada sembilan candi yang telah dilakukan pemugaran. Yakni Candi Gumpung, Candi Tinggi, Candi Tinggi 1, Candi Kembar Batu, Candi Astano, Candi Gedong 1, Candi Gedong 2, Candi Kedaton dan Candi Gumpung 2.

"Untuk Candi Kedaton dan Candi Gumpung 2 masih dalam proses penyelesaian pemugaran," katanya.

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016