Jambi (ANTARA Jambi) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK)  Siti Nurbaya, Sabtu,   mengunjungi  lokasi Hutan Tanaman Rakyat/HTR, Hutan Desa Pusako Serengam Tinggi, Pusat pembenihan bibit, pembenihan tanaman hutan dan pupuk organik cair di Desa Hajran Kecamatan Batin XXIV, Kabupaten Batanghari.

"Saya sangat bangga dengan apa yang telah dilakukan masyarakat  Batanghari, khususnya Desa Hajran. Alhamdulilah kami sudah melihat di lapangan rintisan dan proses HTR Desa Hajran cukup baik dan sesuai perintah Presiden RI," kata Siti Nurbaya.

Ia mengatakan, hutan ini harus di manfaatkan untuk kepentingan kesejahteraan rakyat  dan mengatasi perekonomian masyarakat.

"Dalam hutan sosial itu ada tanaman tumpang sari, sehingga bisa dimanfaatkan untuk penanaman padi, kacang kedelai maupun jagung. Yang paling potensial adalah HTR Jabon salah satu unggulanya,” ujarnya.

Ia menjelaskan, kehadiran HTR mampu memberikan akses legal bagi masyarakat dan bisa mengatasi   konflik. Selain itu dapat menciptakan lapangan kerja sehingga dapat tumbuh konglomerat dari desa.

Ia mengharapkan kreatifitas masyarakat tidak boleh mati. Kepemimpinan kelompoknya harus benar-benar dalam pelaksanaanya, sehingga terbentuk skala bisnis tetapi bisnis rakyat.


Pewarta: Heriyanto

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016