Jambi (ANTARA Jambi) - Sekitar 200 warga kota Jambi dari sejumlah kalangan ikut mendonorkan darahnya dalam program Indonesia berdonor yang diselenggarakan oleh LPP RRI Jambi, Rabu.

"Kegiatan Indonesia berdonor di Jambi ini semula ditargetkan sebanyak 400 orang, namun sampai saat ini hanya teralisasi sekitar 200-an orang yang mendonorkan darahnya," kata Kepala LPP RRI Jambi Sophia Endang Widowati.

Program tersebut dilaksanakan serentak disemua stasiun LPP RRI di seluruh Indonesia dalam rangkaian hari ulang tahun ke-71 Radio Republik Indonesia (RRI) yang mengusung tema "Saatnya pengusaha dan pemuda berdonor untuk Indonesia".

"Program Indonesia berdonor dilaksanakan secara serentak di seluruh LPP RRI se-Indonesia dan di pusatkan di Jakarta. Untuk di Jambi sendiri kita bekerjasama dengan PMI kota Jambi," ujarnya.

Mereka yang berpartisipasi mendonorkan darah yakni dari anggota jajaran TNI Korem 042/ Garuda Putih, jajaran Polda Jambi serta dari berbagai kalangan masyarakat Korp sukarelawan termasuk pegawai LPP RRI itu sendiri.

"Aksi sosial ini merupakan kepedulian RRI untuk masyarakat terutama masyarakat yang membutuhkan darah, dan selain itu secara khusus mengajak kalangan masyarakat peduli terhadap sesama," katanya

Darah hasil donor tersebut selanjutnya diserahkan ke PMI kota Jambi sebagai persedian untuk masyarakat yang membutuhkannya.

Sementara itu, Ketua PMI Kota Jambi Adman Manap mengapresiasi kegiatan Indonesia berdonor tersebut dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui aksi kemanusiaan seperti ini.

Menurut dia, donor darah tersebut amat penting, karena selain turut membantu masyarakat yang membutuhkan darah dan melalui donor darah tersebut membuat tubuh kita menjadi sehat.

 "Setiap hari kebutuhan darah di berbagai rumah sakit di kota Jambi mencapai 60 kantong, sementara setiap hari yang mendonorkan darah tidak sebanding, " katanya.

"Dan melalui kegiatan seperti kita sama-sama mendorong agar masyarakat turut berperan dalam aksi sosial seperti ini, karena setetes darah tentu sangat berarti," katanya menambahkan.

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016