Jakarta (ANTARA Jambi)  - Bupati Manokwari Selatan, Provinsi Papua Barat Markus Waran menegaskan bahwa potensi wisata Teluk Cendrawasih harus bisa seperti Raja Ampat.

"Sebelum Raja Ampat mencuat, sebenarnya Teluk Cendrawasih sudah dikenal. Karena itu harus dilakukan berbagai upaya agar menjadi unggulan wisata baru," katanya kepada Antara di Jakarta, Jumat (9/9).

Markus Waran yang resmi menjabat bupati pertama yang terpilih melalui pilkada sejak 17 Februari 2016 itu bertekad untuk mewujudkan Teluk Cendrawasih -- yang berada di daerah yang dipimpinnya itu -- menjadi setara dan bahkan lebih dari Raja Ampat.

Ia mengaku bahwa dengan munculnya potensi wisata baru atau yang belum tergali, maka berpeluang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat melalui pariwisata.

Sebagai daerah otonomi baru (DOB), kata dia, Manokwari Selatan -- yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Manokwari pada 25 Oktober 2012 -- terus berbenah untuk memacu pembangunan.

Untuk itu, sejak tujuh bulan menjabat, dirinya fokus untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM), khususnya mengisi pos-pos pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat, pelaksana tugas (plt) kepala-kepala dinas sudah bisa dilantik guna menjabarkan program kerja pembangunan di Kabupaten Manokwari Selatan ini," katanya.

Ia menjelaskan sejumlah SKPD prioritas yang disiapkan adalah Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Pariwisata, dan Dinas Perhubungan, di samping dinas lainnya.

"Daerah kami memiliki potensi perikanan sehingga ini menjadi prioritas, demikian pula potensi pariwisata baik dari sisi pesisir maupun pegunungan," katanya.

"Sedangkan Dinas Perhubungan sangat strategis karena menyangkut pembangunan moda transporasi, baik darat, laut dan udara," katanya.

Menurut dia, Teluk Cendrawasih secara kewenangan berada di pemerintah pusat.

Kewenangan itu berbentuk Taman Nasional Teluk Cendrawasih (TNTC) yang terletak di wilayah Kepala Burung Tanah Papua.

Dalam kaitan itu, pihaknya akan terus melakukan koordinasi dan kerja sama guna memaksimalkan potensi wisata yang ada.

Kementerian Pariwisata sendiri telah menyatakan bahwa Teluk Cendrawasih masuk dalam Kawasan
Pembangunan Pariwisata Nasional (KPPN) di Manokwari dan sekitarnya.

Seperti disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua Barat Edy Sumarwanto belum lama ini pembangunan kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) akan dimulai tahun 2016.

Manokwari Selatan terdiri atas enam kecamatan, yaitu Dataran Isim, Momi Waren, Neney, Oransbari, Tahota, dan Ransiki sebagai Ibu Kota kabupaten itu.


Pewarta: Andi Jauhari

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016