Jambi (ANTARA Jambi) - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi Arief Munandar menyatakan kebakaran yang melanda pemukiman penduduk di Kelurahan Muarasabak Ilir Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi, Senin (12/9) malam menghanguskan sembilan rumah.

"Sembilan rumah hangus terbakar dan satu rumah sengaja dirobohkan. Tidak ada korban jiwa dalam insiden itu," katanya di Jambi, Selasa.

Arief mengatakan BPBD mendirikan tenda untuk tempat tinggal sementara bagi korban yang rumahnya terbakar.

"Bantuan untuk warga yang rumahnya terbakar juga sudah disalurkan, seperti kebutuhan dasar dan makanan pokok," kata Arief.

Arief menjelaskan insiden kebakaran di Kelurahan Muarasabak Timur itu terjadi sekitar pukul 20.00 WIB.

Api baru bisa dipadamkan pada pukul 21.40 WIB dengan mengerahkan dua unit mobil pemadam kebakaran Pemkab setempat dibantu warga.

Selain kondisi bangunan banyak yang terbuat dari papan, angin kencang saat itu juga menjadi pemicu utama cepatnya api menghanguskan rumah warga di kelurahan tersebut.

Salah satu pemilik rumah yang hangus terbakar, Ade, mengatakan sebelum kobaran api besar, terdengar ledakan cukup kuat dan mengakibat para penghuni berhamburan keluar dari rumah mereka.

"Kami lagi pada nonton, tiba-tiba mendengar ledakan besar. Sesaat kemudian terlihat api membumbung tinggi," kata Ade.

"Sekitar 90 menit kemudian, armada pemadam kebakaran milik Pemkab Tajung Jabung Timur datang untuk memadamkan api dan masyarakat turut serta membantunya," katanya pula.

Meski api berhasil dipadamkan, sembilan rumah warga sudah hangus dan barang-barang milik juga tidak ada yang bisa diselamatkan.

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016