Soreang (ANTARA Jambi) - Lifter Jambi Yulia Eka Masweni berhasil menyumbangkan medali perunggu di kelas 53 Kg putri pada PON XIX/2016 Jawa Barat setelah medali emas dan perak diambil lifter tuan rumah Jawa Barat, Syarah dan Dewi.

Hasil pertandingan cabang angkat besi PON XIX/2016 di GOR Jalak Harupat, Soreang Kabupaten Bandung, Selasa, sejak awal penampilan Yulia Eka sudah diapit angkatannya oleh dua lifter Jawa Barat.

Di kelas 53 Kg putri itu medali emas dan perak direbut oleh lifter Jawa Barat, Syarah dengan total angkatan 188 Kg dan Dewi 184 Kg, sedangkan atlet Jambi Yulia meraih perunggu dengan total angkatan 175 Kg.

Yulia berhasil mengangkat total beban seberat 175 Kg, hasil dari angkatan snatch 78 Kg dan angkatan clean and jerk 97 Kg dan bagi Yulia Eka, ini adalah medali PON pertamanya.

"Alhamdulillah ini medali saya yang pertama di PON dan ajang ini yang pertama kalinya bagi saya," kata Yulia.

Yulia hanya sekali berhasil melakukan angkatan snatch dari tiga kali percobaan. Dia akhirnya berhasil mengangkat beban seberat 78 Kg dan langsung di peringkat ketiga dibawah lifter Jawa Barat.

Awalnya Yulia gagal melakukan angkatan pertama seberat 93 Kg, tetapi beban tersebut berhasil diangkatnya di angkatan kedua.

Angkatan ketiga jadi pertaruhan dan Yulia menaikan beban angkatannya menjadi 78 Kg dan dia berhasil melakukan clean dan jerk.

Pada Pra PON lalu Yulia yang juga turun di kelas 53 Kg berhasil membawa pulang medali emas, namun dua lifter Jabar yang menjadi lawannya di PON ini tidak ikut bertanding karena Jabar adalah tuan rumah PON.   


Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016