Jambi (ANTARA Jambi) - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 TNI, Korem 042/Garuda Putih Jambi menampilkan drama kolosal bertajuk kepahlawan Sultan Thaha Syaifudin, salah satu Pahlawan Nasional asal Jambi.

Drama kolosal itu ditampilkan prajurit TNI Korem 042 bersama mahasiswa Akper Garuda Putih setelah upacara atau puncak HUT TNI di lapangan Makorem setempat, Rabu.

"Kesemua kegiatan ini dilaksanakan untuk merefleksikan kembali rasa nasionalisme dan patriotisme generasi muda sebagai penerus perjuangan bangsa," kata Danrem 042/Garuda Putih Kolonel inf Refrizal.

"Sekaligus merupakan bentuk implementasi pembinaan teritorial yang telah menjadi komitmen Kodam II/Sriwijaya untuk senantiasa memberikan yang terbaik kepada masyarakat, melalui berbagai kegiatan nyata yang bersentuhan langsung kepada masyarakat dalam rangka mewujudkan memanunggalan TNI-Rakyat," katanya lagi.

Sebelumnya Korem 042 juga menyelenggarakan seminar Kepahlawanan Sultan Thaha Saifudin Jambi dimana kegiatan itu guna mengingatkan perjuangan pahlawan Jambi tersebut.

"Seminar yang dilakukan bertujuan memberikan pemahaman tentang semangat dan nilai-nilai kepahlawanan Sultan Thaha Saifudin dan spectrum ancaman Nirmiliter yang dapat mengancam keselamatan bangsa dan Negara," kata Kasrem 042/Gapu Letkol Inf Tri Haksoro.

Kasrem mengatakan Sultan Thaha memiliki rasa nasionalisme yang tinggi dengan berani mempertaruhkan nyawa dan bertempur di daerah Jambi dengan gagah berani.

Dalam seminar tersebut juga dihadiri Rektor Universitas Jambi Prof Jhony Najwan, Perwakilan Koorda Kementrian Pertahanan Kolonel Inf Asep Ridwan, Kepala FKPPI Jambi Kombes Pol (Purn) Lukman Jafri, Ormas dan ratusan mahasiswa.

Selain itu juga diselenggarakan perlombaan kesenian tingkat SLTA se-kota Jambi dan Pertandingan olahraga umum yang dilaksanakan untuk Prajurit, ASN TNI dan Ibu Persit serta siswa SLTA se-kota Jambi.

Dalam rangkaian HUT ke-71 TNI ini juga digelar ziarah nasional yang dipusatkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Satria Bhakti Jambi, yang digelar Sabtu (1/10) kemarin, dipimpin  langsung Danrem Kolonel Inf Refrizal.

Danrem berharap ziarah nasional yang dilaksanakan pada momentum peringatan HUT TNI itu semakin memperkokoh rasa cinta terhadap tanah air, dan sebagai wujud penghargaan  terhadap jasa para pahlawan pendahulu yang telah gugur dalam merebut, membela serta mempertahankan  kemerdekaan bangsa Indonesia dari  tangan penjajah.(Ant)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016