Merangin (ANTARA Jambi) - Bupati  Merangin  H Al Haris mengajak seluruh masyarakat di daerah setempat khususnya umat muslim, untuk memakmurkan masjid.

Hal tersebut dikatakan bupati  saat dimulainya renovasi  Masjid Al Taqwa Pasar Muara Siau di Bangko, Kamis sore (6/10).

"Sebagian harta yang kita sumbangkan untuk pembangunan masjid, akan sangat bermakna," ujarnya.

Bupati menjelaskan, seluruh umat muslim di Merangin harus berupaya memakmurkan masjid. Sebab makmurnya sebuah masjid itu, menggambarkan makmurnya kehidupan masyarakat di sekitarnya.

Bupati menyebutkan Allah akan memberikan lebih dari apa yang telah kita berikan. Tentunya pemberian sebagian harta  untuk pembangunan masjid tersebut, harus penuh dengan keikhlasan dan niat tulus.
 
Acara tersebut dirangkum dalam Tablik Akbar memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1438 H, menghadirkan penceramah dari Jambi H Al Amin. Tampak hadir Ketua TP PKK Merangin Hj Hesti Haris dan para pejabat di jajaran Pemkab Merangin.

Ada yang menarik dari penghimpunan dana pembangunan Masjid Al Taqwa Pasar Muara Siau tersebut. Ribuan jamaah yang datang ke masjid, masing-masing membawa berbagai jenis makanan.

Tidak hanya makanan dalam bentuk guling ayam, aneka olahan masakan ikan, tapi juga berbagai hasil pertanian, seperti kelapa muda, pepaya, pisang, tebu sampai ayam hidup juga dibawa.

Semua makanan dan hasil pertanian itu, disumbangkan ke masjid. Selanjutnya panitia pembangunan masjid Al Taqwa, melelangnya ke para jamaah dan pejabat yang hadir. Untuk satu ayam guling bisa terjual sampai Rp3 juta.

Lebih dari itu pepaya mengkal juga terjual sampai Rp1 juta perbuahnya, pisang terjual Rp 1 juta persisir, sehingga para acara penggalangan dana itu, terkumpul lebih dari Rp 75 juta dari hasil lelang makanan dan hasil pertanian yang disumbangkan jamaah.


Pewarta: Warsun Arbain

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016