Merangin (ANTARA Jambi) - Pemerintah Kabupaten Merangin  menggelar tabligh akbar dan penulisan mushaf al-qur'an oleh santri pondok pesantren  se daerah itu sebagai rangkaian memperingati tahun baru islam 1438H dan Hari Santri Nasional.
 
"Selain memperingati bulan muharam sebagai tahun baru islam, acara ini juga kita laksanakan sebagai memperingati hari santri yang ke dua, serentak seluruh Indonesia, yang mana untuk Provinsi Jambi dipusatkan di Kabupaten Merangin," kata bupati di Bangko, Senin. 
 
Bupati menjelaskan, pada acara tersebut juga diluncurkan program "Celengan Surga" yang bertujuan bagaimana menggerakkan masyarakat untuk menabung atau memasukkan uang ke celengan di masjid. 

Acara yang dilaksanakan pemerintah Kabupaten Merangin ini diikuti ratusan santri pondok pesantren yang ada dalam wilayah Kabupaten Merangin.
 
"Santri yang ikut menulis Mashaf Al Qur’an ini diikuti ratusan santri, yaitu dua mus’hab, seluruh pondok pesantren ada utusannya yaitu tiga puluh dua pesantren,” Sebut Bupati.
 
Sementara itu, DR. K. H. Hasyim Muzadi dalam Ceramahnya mengatakan kehadirannya ke Kabupaten Merangin kali ini, selain memenuhi undangan Pemkab  juga sebagai untuk bersilaturahmi dengan para tokoh dan ulama daerah setempat.
 
“Saya mengucapkan terima kasih atas undangan ini, kehadiran saya ini sekalian sebagai silaturahmi dengan para ulama,” Katanya.
 
Ia menjelaskan, dalam situasi kemajuan zaman dan tehknologi saat ini umat islam terutama para ulama, harus terus berusaha dan bergerak untuk kemajuan umat itu sendiri, agar tidak terbawa arus yang bisa merusak ajaran islam di tengah-tengah masyarakat.
 
Ia juga mengajak, agar umat muslim khususnya di Merangin untuk terus menjaga kebersamaan yang bernilai islami untuk tidak mudah terpengaruh oleh pengaruh budaya barat.
 
Acara tersebut juga dihadiri berbagai pihak baik dari Pemerintah Provinsi Jambi, Kanwil Depag, serta unsur Forkompida Kabuten Merangin dan berbagai kalangan lainnya. 
 

Pewarta: Warsun Arbain

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016