Kualatungkal (ANTARA Jambi)-  Bupati Tanjung Jabung Barat  (Tanjabbar) H Safrial berharap dengan adanya kegiatan cuci tangan pakai sabun bisa membudaya bagi seluruh lapisan masyarakat di kabupaten ini. 

"Kampanye cuci tangan pakai sabun hendaknya menjadi kebiasaan dan bahkan membudaya dalam kehidupan kita. Artinya membiasakan diri untuk mencuci tangan pakai sabun berarti mengajarkan anak-anak dan seluruh keluarga hidup sehat sejak dini," katanya di Kualatungkal, Senin. 

 Hal tersebut disampaikan saat memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun sedunia ke 9 tingkat Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), dan dilaksanakan di Jalan Alun-alun kota Kualatungkal. 

Selain itu, Bupati juga berharap cuci tangan pakai sabun bukan hanya sekedar seremonial, tapi ada peningkatan yang signifikan secara berkesinambungan untuk merubah perilaku agar masyarakat terutama anak-anak menjadikan bagian dari kebiasaan hidup sehari-hari yang bersih dan sehat. 

Safrial menyarankan, disemua tingkatan sekolah- sekolah mulai dari PAUD/Taman Kanak-Kanak, SD hingga SMA  bahkan diperkantoran agar dapat membuat sarana tempat cuci tangan pakai sabun, sebagai upaya pencegahan penularan penyakit dan juga mebudayakan hidup bersih dan sehat. 

"Dengan demikian angka kesakitan dan penularan penyakit dapat dikurangi dan ditekan serendah mungkin,” jelasnya.

Sementara Ketua Tim penggerak PKK Tanjabbar Hj Cici Halimah  mengatakan peringatan hari cuci tangan pakai sabun se-dunia  merupakan wujud kepedulian, guna memberikan edukasi dan menyebarluaskan informasi tentang pentingnya memiliki kebiasaan hidup bersih dan sehat.

“Cuci tangan pakai sabun ini kita harap menjadi budaya bagi seluruh lapisan masyarakat kabupaten Tanjabbar, mulai dari anak-anak, remaja, sampai dengan dewasa,” harapnya. 

Terpisah, Ketua Panitia kampanye cuci tangan pakai sabun, Kadis Kesehatan Tanjabbar Dr H Ahmad Putra mengatakan peserta cuci tangan pakai sabun sebanyak 200 orang yang terdiri dari SKPD, Forkopimda, Tim Penggerak PKK, Organisasi Wanita siswa siswi SD, SMP, dan SMA yang ada diwilayah Kabupaten Tanjabbar. 


Pewarta: Kenneta

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016