Kualatungkal (ANTARA Jambi)  - Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) bersama tim kesehatan Pelabuhan Propinsi Jambi mendatangi para Anak Buah Kapal (ABK) di Pelabuhan Parit Satu Kualatungkal, setempat.

Kedatangan para tim medis kesehatan ini untuk melakukan sosialisasi pencegahan penyakit menular maupun tidak menular. Salah satunya adalah penyebaran virus  HIV ataupun penyakit tidak menular lainnya.

Kasi P2PL Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjung Jabung Barat Hj Ermita mengatakan sosialisasi pencegahan penularan penyakit menular maupun tidak menular ini bekerjasama dengan tim Kesehatan Pelabuhan Propinsi Jambi.

"Ada beberapa anak buah kapal di Parit Satu yang sempat kita datangi dan diberikan arahan bagaimana hidup sehat dan cara pencegahan penyakit menular maupun tidak menular,"ujar Hj Ermita, Senin (17/10) di Kualatungkal.

Dijelaskannya pembinaan kesehatan penyakit menular maupun tidak menular memang perlu diberikan terutama masyarakat di daerah pelosok ataupun tempat lainnya yang sulit terpantau seperti para Anak Buah Kapal.

"Kita sulit memantaunya karena mereka selalu berpindah pindah makanya kita datangi mereka untuk pembinaan masalah kesehatan," ucapnya.

Hj Ermita juga menyarankan kepada para ABK agar membuat kartu kesehatan seperti yang telah di programkan pemerintah.

"Kalau bisa para ABK ini bentuk kartu berobat sehingga kalau sewaktu waktu  sakit bisa berobat," sarannya.

Diharapkannya, dengan kegiatan ini para ABK tidak usah sungkan sungkan untuk bertanya ataupun berobat bila memang ada gangguan pada kesehatannya.

"Kalau perlu laporkan ke kita kalau memang ada ABK lainnya yang mengindap penyakit menular agar kita bisa cepat menanganinya,"  katanya.

Pewarta: Kenneta

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016