Jambi  (ANTARA Jambi) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin yang didukung satuan TNI dan Polri menggelar operasi bersama untuk melakukan pencegahan perambahan hutan kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat.

Apel bersama operasi pencegahan perembahan hutan TNKS digelar dihalaman depan Kodim 0420 di Bangko itu dipimpin Wabup Merangin H A Khafid Moein, dan dihadiri prajurit TNI dan Polri, Polhut dan Satpol PP setempat. 

"Tolong hindari konflik dengan para perambah hutan, sehingga semua merasa aman. Beri pemahaman kepada perambah kalau perbuatannya itu melanggar hukum," Kata Wabup .

Sementara itu Kapolres Merangin AKBP Munggaran menambahkan, TNI dan Polri sifatnya hanya mengamankan operasi. Jangan ada serangan, yang ada hanya pengamanan terhadap para pelaku perambahan.

"Penangkapan yang dilakukan juga jangan menakut-nakuti dengan senjata. Operasi ini harus berlangsung aman," harap Kapolres.

Selain itu Kapolres Merangin berpesan dalam operasi itu, tim jangan merusak pondok-pondok yang berdiri dalam kawasan TNKS. Jangan memancing-mancing kerusuhan dengan berbuatan dan tingkahlaku, semua harus persuasif.

Kasdim 0420 Sarko Mayor Inf M Wakhid DS menegaskan, operasi yang dilakukan harus punya nilai 100. "Ini artinya operasi yang dilakukan harus tetap dalam kondisi aman, jika tidak aman itu bukan nilai 100," tegasnya. 

Pewarta: Warsun Arbain

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016