Kualatungkal (ANTARA jambi) - Kapal Feri KMP Sembilang berlabuh dan bersandar untuk pertama kali,  sebagai ujicoba pelabuhan RoRo di Kualatungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) pada Jumat pekan lalu.

Pelabuhan RoRo yang dibangun Kementerian Perhubungan itu akan resmi beroperasi pada 2017, kata Direktur  Hubdar Kemnhub RI Rudy Arya yang didampingi Direktur  Angkutan dan Multimoda Hubdar Aditiya Mininda serta  GM PT ASDP-Cab Batam Endin J.

Ujicoba yang diawali dengan menaikkan dan menurunkan mobil dinas Wakil BUpati Tanjabbar ke dalam KMP Sembilang 500 GT yang berkapasitas angkut 19 unit kendaraan campuran dan sebanyak  250 penumpang itu, berjalan lancar.

Kepala Dinas Perhubungan dan Informatika Kabupaten Tanjabbar  Endang Surya, mengatakan, uji coba ini untuk mengenalkan kepada masyarakat prihal perencanaan pengoprasian pelabuhan roro tersebut. Uji coba menggunakan KMP Sembilang 500 GT yang didatangkan dari Dabo Singkep.

Endang menjelaskan pelabuhan ini nanti akan berhubungan dengan pelabuhan ASDP Telaga Punggur Batam Kepri dan lainnya.

Sementara Wakil Bupati Amir Sakib, mengatakan  dengan beroperasinya pelabuhan roro nanti masyarakat Tanjung Jabung Barat atau mana saja mau ke Batam bisa langsung membawa kendaraannya atau sebaliknya.

"Dengan terbukanya jalur laut Kualatungkal--Batam ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat maupun pelaku perekonomian kedua daerah," harap Amir Sakib.

Pewarta: Kenneta

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016