Jambi (ANTARA Jambi) - Dinas Kehutanan Batanghari gelar kegiatan menanam pohon pada peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) yang bertempat di hutan taman raya Sultan Taha Saipudin di Dusun Senami, Kelurahan Sridadi, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batanghari.

"Kegiatan menanam pohon ini sekalian memperingati HMPI dan BMN dengan tema pohon dan hutan rakyat untuk kehidupan kesejahteraan dan sumber devisa negara," kata Asisten II Setda Batanghari, M Hatta, Selasa.

Sesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008, tentang HMPI dan BMN dan setiap tahun harus diperingati dan pada peringatannya di Jambi diselenggarakan setiap tahun baik di pusat maupun di provinsi, kabupaten/kota.

Kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) yang rusak, baik di dalam kawasan hutan atau di luar kawasan hutan melalui gerakan menanam dan memelihara pohon.

Penanaman pohon juga mendorong masyarakat ikut membangun ekosistem hutan yang akan meningkatkan kualitas lingkungan hidup yang lebih baik, sekaligus menyediakan bahan baku bagi industri kehutanan dan menyerap karbondioksida di udara dalam rangka ikut berkontribusi dalam mitigasi perubahan iklim.

Sementara itu, dalam menanam pohon kegiatan ini merupakan upaya menyelamatkan bumi dan menjaga keanekaragaman guna menahan laju kenaikan suhu bumi untuk tidak lebih dari dua derajat celsius.

Pada penanaman pohon tersebut juga dihadiri oleh Dewan Pembina Yayasan Belantara Budaya Indonesia, Marzuki Usman serta pejabat terkait lainnya Forkopimda, Ormas di dalam wilayah Kabupaten Batanghari.


Pewarta: Heriyanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016