Jambi (ANTARA Jambi) - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, V Carlusa menyebutkan bahwa perekonomian Jambi triwulan-III 2016 tumbuh sebesar 4,03 persen (yoy), atau lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan triwulan sebelumnya yang hanya 3,57 persen.

"Namun angka pertumbuhan triwulan-III itu relatif lebih rendah bila dibandingkan triwulan yang sama pada tahun 2015 yang mencapai 4,38 persen. Angka ini juga lebih rendah dari pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 5,02 persen (yoy)," kata Carlusa, Kamis.

Saat pertemuan tahunan Bank Indonesia 2016 di salah satu hotel di Jambi itu, Carlusa juga mengatakan pertumbuhan perekonomian Jambi triwulan-III 2016 ini juga lebih rendah dari perkiraan awal atau sedikit tertahan oleh kontraksi sektor pertambangan dan pengendalian.

Sedangkan inflasi Provinsi Jambi triwulan-III 2016 tercatat sebesar 3,86 persen (yoy) atau lebih tinggi dari triwulan sebelumnya yang hanya 3,38 persen dan lebih tinggi dari inflasi nasional yang hanya 3,07 persen (yoy).

"Inflasi Provinsi Jambi merupakan komposit dari inflasi Kota Jambi sebesar 3,93 persen dan inflasi Kabupaten Bungo sebesar 3,20 persen (yoy)," kata Carlusa.

Dijelaskannya, kenaikan tingkat inflasi di Kota Jambi utamanya didorong inflasi pada kelompok bahan pangan bergejolak yang tinggi sebesar 5,24 persen, lebih tinggi dibandingkan inflasi triwulan sebelumnya yang hanya 4,38 persen.

"Kenaikan inflasi kelompok tersebut utamanya disebabkan kenaikan harga cabai merah, beras dan daging ayam," ujarnya.

Sementara inflasi Provinsi Jambi triwulan-IV kata Carlusa diperkirakan dikisaran 4,56-4,97 persen (yoy) atau ada peningkatan dari triwulan sebelumnya maupun realisasi inflasi tahun 2015.

Inflasi Kota Jambi diperkirakan berada pada kisaran 4,69-5,09 persen, sedangkan inflasi Bungo diperkirakan berada pada kisaran 3,90-4,30 persen (yoy).

"Kenaikan inflasi tersebut utamanya disebabkan proyeksi tingginya inflasi beberapa komoditas pangan seperti cabai merah dan bawang merah pada akhir tahun 2016," katanya menambahkan.


Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016