Jambi (ANTARA Jambi) - Sebanyak 2.400 personil dari Kepolisian dan TNI serta intansi terkait lainnya disiapkan untuk melaksanakan kegiatan rutin Operasi Lilin 2016 di wilayah hukum Provinsi Jambi selama perayaan natal dan tahun baru nanti.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kapolda Jambi, Brigjen Pol Yazid Fanani, didampingi Danrem 042/Gapu, Kolonel Inf Refrizal, Sekda Provinsi Jambi, Ridham Priskab, usai memimpin apel Operasi Lilin 2016 di Mapolda Jambi, Kamis petang.

Kapolda mengatakan, ke-2.400 personil tersebut terdiri dari 1.800 khusus dari Polisi sedangkan sisanya 600 personil dari TNI dan intansi terkait lainnya yang dilibatkan dalam kegiatan operasi lilin tahun ini untuk kegiatan pengamanan perayaan hari natal dan tahun baru.

Pengamanan ini dilakukan untuk memastikan bahwa seluruh kegiatan perayaan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 di Jambi dan jajaran bisa berjalan, berlangsung dengan tertib aman dan lancar oeh karena itu mengambil resiko siapkan pengamanan yang cukup.

Seluruh personil pasukan akan disebar di sejumlah titik. Diantaranya di tempat kegiatan ibadah, pusat perbelanjaan dan tempat wisata. Pengamanan juga dilakukan dengan system tertutup dan terbuka.

Untuk pos pengamanan dan pelayanan yang didirikan ada sebanyak 200 pos dan setiap Polres atau Polresta di Provinsi Jambi ada sebanyak 10 pos yang terbagi dalam pos pengamanan dan pelayanan yang didirikan di tempat ibadah, pusat perbelanjaan, tempat wisata dan di pinggir jalan lintas.

Di dalam pos tersebut ada anggota Ditsabhara dan Ditlantas juga melibatkan anjing pelacak dari Ditsabhara Polda Jambi.

Untuk pasukan Gegana sendiri sifatnya patroli di pusat kota, seperti di tempat ibadah, terminal bus, bandara dan pusat pusat perbelanjaan," kata Yazid Fanani.

Sementara itu, untuk daerah yang dianggap rawan terjadinya pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yakni Lintas Timur, Lintas Tengah dan Lintas Sumatera.


Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2016