Kualatungkal, Antarajambi.com - Beri Yudiansah memperkenalkan penemuannya memanfaatkan limbah plastik menjadi bahan bakar minyak sejenis bensin dan solar.

Pemuda yang tinggal di Lorong Sejahtera Parit III Kabupaten Tajungjabung Barat (Tanjabbar)  Provinsi Jambi itu  ikut meramaikan stand bazar yang di adakan Pemerintah Kabupaten Tanjabbar di taman rekreasi Tungkal Ancol Beach. 

Menurutnya, limbah plastik yang berserakan di Daerah itu bisa diolah menjadi bahan yang sangat berguna bagi masyarakat.

"Palstik, botol bekas atau sampah lainnya bisa diolah menjadi minyak bensin dan solar yang berguna bagi kepetingan masyarakat. Itu yang akan saya kembangkan di masyarakat saat ini,  dan ini tentu butuh suport dari masyarakat," kata Beri.

Ia menyatakan pengolahan limbah plastik sampah ini dibutuhkan waktu dua hingga tiga jam dengan bahan sekilo sampah plastik bisa menghasilkan menjadi setengah liter minyak bensin atau solar.

"Saya masih terkendala alat dan skalanya  masih terbilang kecil  dan tradisional," katanya.
   
Ia masih menggunakan  gas tiga kilogram sehingga belum bisa memproduksi massal. Alat itu merupakan alat rakitan, selain itu masih terkendala thermometer yang memadai.   

Sekretaris Daerah  Tanjabbar H Ambok Tuo yang pada saat itu meninjau produk unggulan Tanjab Barat menyempatkan diri berkomunikasi dengan Beri pengembang produk pemanfaatan limbah plastik menjadi bahan bakar minyak jenis bensin tersebut. 

Ia meminta asisten II Setda Tanjabbar untuk menindak lanjuti keahlian yang dimiliki oleh pemuda tersebut. 

 

Pewarta: Kenneta

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017