Jambi, Antarajambi.com- Pemerintah Kota Jambi memberikan layanan kesehatan ke rumah-rumah penduduk melalui mobil "home care" untuk mempermudah aksesibilitas medis bagi masyarakat di daerah itu.

"Layanan kesehatan `home care` tersebut dilengkapi dengan mobil yang didesain khusus lengkap dengan peralatan medis seperti oksigen, set bedah minor, obat-obatan, termasuk alat rekam jantung, dokter dan paramedis," kata Kepala Bagian Humas Kota Jambi Abu Bakar di Jambi , Jumat.

Layanan Mobil "home care" itu dapat menjangkau semua kawasan dalam Kota Jambi. Mobil itu nantinya akan membawa obat-obatan, dokter, serta perawat ke rumah warga yang sakit.

Masyarakat yang membutuhkan pertolongan medis dapat dengan mudah menghubungi langsung nomor yang telah disediakan atau tertera pada mobil tersebut.

Abu Bakar menjelaskan, layanan tersebut merupakan bagian dari penerapan konsep "smart city" yang di canangkan oleh Wali Kota Jambi Syarif Fasha.

"Agar `home care` ini betul-betul dapat dimanfaatkan bagi yang membutuhkan layanan di rumah. Tenaga medis yang terdiri dari dokter dan perawat akan datang langsung masyarakat," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi dr Ida Yuliati mengatakan, pelayanan kesehatan yang dididapat adalah layanan dasar pertama. Jika dirasa telah cukup ditangani di rumah, pasien tidak perlu dirujuk ke puskesmas atau rumah sakit.

"Untuk pelayanan selanjutnya bila diperlukan, tenaga medis tersebut akan mengunjungi kembali ke rumah masyarakat untuk memastikan pelayanan pertama yang tepat, telah diberikan dan ditangani dengan baik," katanya.

Pelayanan "home care" tersebut banyak mendapat apresiasi masyarakat. Sejak mulai diluncurkan Wali Kota Desember lalu, lanjut ida sudah ada sekitar 45 rumah yang telah dikunjungi mobil "home care"

Selain untuk pelayanan medis pertama, mobil layanan tersebut juga bermanfaat untuk membawa pasien bila dibutuhkan untuk dirujuk dan dirawat di puskesmas atau rumah sakit terdekat.

"Pelayanannya pun 24 jam dan on call, siaga bila dibutuhkan," kata Ida menambahkan.


Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017