Kualatungkal,  Antarajambi.com - Kepala Puskesmas Kecamatan Seberang Kota Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjabbar) Drg Hapitrah mengajak masyarakat setempat untuk menerapkan pola lingkungan bersih dan sehat dengan membangun tempat MCK atau jamban sehat di rumah masing-masing. 

"Kita memprogramkan penyuluhan atau sosialisasi ke desa-desa dengan tujuan untuk memotivasi dan membangun kesadaran masyarakat agar menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan membangun minimal satu rumah satu jamban sehat. Saat ini kita baru bergerak di Desa Pulairaya, senjutnya kita akan datangi semua desa yang ada di Kecamatan Seberang Kota ini," kata Drg Hapitrah di Kualatungkal, Kamis.

Menurutnya, karena mayoritas penduduk yang masih kental dengan pola pedesaan dan jarak yang jauh dari Ibukota Kabupaten sehingga masih minim masyarakat yang memiliki jamban atau WC di rumah. 

"Saat ini masyarakat menggunakan tempat MCK atau jamban alam yang seadanya seperti dipinggir sungai, bahkan ada juga yang membuang kotoran di kebun," jelasnya. 

Disayangkan dia, jika hal ini terus berlanjut maka akan mengancam kesehatan masyarakat.

"Untuk itu sebagai kepala puskesmas, saya mengajak masyarakat untuk merubah pola kesehatan. Tidak perlu mewah asal mencukupi persaratan jamban sehat, agar kotoran tidak di hinggapi oleh serangga seperti lalat, tikus atau lainnya yang bisa menyentuh makanan sehingga menyebabkan penyakit seperti diare atau sakit perut," tutur kapus yang baru dilantik sebulan yang lalu. 

Selain itu, dia juga menyarankan jika disetiap desa memiliki anggaran atau menerapkan arisan jamban sehat ke warga akan lebih bagus untuk membantu pihaknya menyelamatkan masyarakat dari ancaman penyakit. 

"Target kita tahun ini 40 persen masyarakat seberang kota sudah ada jamban sehat di setiap rumah. Untuk itu kita juga sangat membutuhkan dukungan dari para Kepala Desa untuk mengarahkan warga membangun jamban sehat, apakah itu dengan menganggarkan dari dana desa ataupun mengadakan arisan jamban sehat," kata Hapitrah menyarankan. 

Pewarta: Kenneta

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017