Kuala Tungkal, Antarajambi.com  - Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabar) melalui Badan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) setempat menggelar training center (TC) qori dan qoriah yang akan dikirim ke perhelatan MTQ di  Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jumat.

Kegiatan Training Centre bagi qori dan qoriah dibuka secara resmi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahtraan Rakyat R Gatot Suwarso mewakili Bupati Tanjabbar.  

Dalam sambutannya mengatakan hasil kegiatan ini diharapkan qori dan qoriah mendapat tambahan ilmu serta percaya diri dalam menghadapi MTQ Tingkat Provinsi Jambi  serta termotivasi untuk terus belajar dan mendalami materi yang disampaikan oleh para pelatih. 

"Qori dan Qoriah diharapkan dapat meraih prestasi lebih meningkat dari MTQ sebelumnya," katanya.

Sementara itu Panitia Penyelenggara Training Centre (TC) Kafilah Tanjab Barat yang disampaikan Kepala Bagian Kesra Mohammad  Arif dalam laporannya mengatakan tujuan training centre ini untuk lebih memantapkan kemampuan qori dan qoriah dalam memahami lagu bacaan tulisan serta hapalan dalam masing-masing cabang lomba dan golongan.
   
Selain itu sebagai kerangka acuan Pemerintah Daerah dalam memantapkan Kafilah Kabupaten Tanjung Jabung Barat guna mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Jambi di Kabupaten Tanjung Jabung Timur pada bulan juli 2017 mendatang.

Selanjutnya kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 17 - 21 Februari 2017 yang bertempat di hotel Masa Kini kuala Tungkal. Jumlah peserta TC tahap pertama sebanyak 120 orang terdiri dari para pemenang MTQ Tingkat Kabupaten Tahun 2016 di Kecamatan Muara Papalik.

Lebih lanjut  Arif menyampaikan cabang –cabang yang di Training Centre diantaranya Tilawah golongan Tartil Quran golongan anak-anak, remaja dan dewasa, Tilawah Golongan Qiraat sab’ah, Tilawah golongan cacat netra, tafsir golongan bahasa arab, tafsir golongan bahasa Indonesia, tafsir golongan bahasa inggris, cabang Fahmil Quran, cabang Syrhil Qur’an, Cabang barjanji marhaba dan cabang lainnya.

Training Centre ini mendatangkan pelatih dari Jakarta dan Jambi yang akan melatih bidang Tilawah dan Kaligrafi serta cabang lainnya. 

Turut hadir pada acara itu Kepala Kantor kementrian Agama Kabupaten Tanjab Barat, Staf Ahli Bupati Said, Kabag Sarana dan Prasarana, Pengurus LPTQ Kabupaten Tanjab Barat dan Qori dan Qoriah peserta Training Centre.

Pewarta: Kenneta

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017