Jambi, Antarajambi.com - Jumlah pendaftar melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang memilih Universitas Jambi mencapai 16.071 peserta, kata Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof RA Muthalib.

"Proses pendaftaran sudah resmi ditutup pada Senin (6/3) pukul 22.00 WIB, jumlah pendaftar yang masuk 16.071 tersebut secara keseluruhan termasuk juga dari luar daerah," katanya di Jambi, Rabu.

Jumlah peserta yang mendaftar SNMPTN tahun ini, menurut dia, mengalami penurunan jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Dari jumlah yang mendaftar tahun ini dia merincikan, diantaranya untuk peserta yang berasal dari Provinsi Jambi memilih Unja sebagai pilihan pertama sebanyak 5.083 orang.

Kemudian peserta yang berasal dari luar Provinsi Jambi yang menetapkan Universitas Jambi sebagai kampus pilihan pertama sebanyak 5.567 orang.

Selain itu untuk peserta yang memilih Universitas Jambi sebagai kampus pilihan kedua sebanyak 5.421 orang.

"Yang telah mendaftar tersebut ditetapkan sebagai peserta SNMPTN dalam tes nanti dan untuk pelaksanaan ini peserta tidak dipungut biaya," kata dia.

Sedangkan untuk program studi atau jurusan yang lebih banyak diminati peserta pendaftar SNMPTN tersebut adalah dari jurusan IPS seperti manajemen, akuntansi, ilmu hukum dan lainnya.

Pada penerimaan mahasiswa baru, Universitas Jambi menyiapkan 30 persen kuota atau sekitar 2.625 mahasiswa yang akan diterima melalui jalur SNMPTN tahun 2017.

Seleksi masuk perguruan tinggi melalui jalur SMNPTN ini, katanya menggunakan nilai rapor semester 1-5 dan juga termasuk piagam atau penghargaan prestasi yang diterima oleh siswa.

"Ada piagam internasional, nasional, regional dan paling rendah tingkat provinsi. Semua ada skornya yang menjadi salah satu pertimbangan" kata Prof RA Muthalib.

Saat ini Universitas Jambi memiliki 65 program studi strata satu (S1), delapan program studi diploma tiga (D3) dan dua program studi diploma empat (D4).

Sementara saat ini mahasiswa yang terdaftar di Universitas Jambi pada semester ganjil TA 2016/2017 adalah sebanyak 25.372 mahasiswa. Universitas Jambi secara nasional menempati peringkat ke-30 dari perguruan tinggi di Indonesia.


Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017