Muarabulian, Antarajambi.com - Pemkab Batanghari melalui dinas kesehatan (Dinkes) menghimbau warga di seluruh kecamatan waspada akan penyakit pasca banjir yang melanda wilayah Batanghari. 

"Ya, seperti penyakit yang disebabkan oleh hewan pengerat seperti tikus atau istilahnya Leptospirosis, karena dapat menyebabkan seseorang kehilangan nyawanya pada pasca banjir dan usai bencana ini," kata dr Elfi, Kepala Dinkes Batanghari, Selasa.

Ia mengatakan, penyakit ini juga disebabkan akibat infeksi yang ditularkan oleh air kencing tikus. Seperti diketahui pasca banjir tentu hunian hewan tersebut dipenuhi oleh sampah maupun kotoran akibat banjir.

"Misalnya air kencingnya mungkin bercampur dengan air atau apapun yang bersentuhan dengan manusia, apabila imun tubuhnya tidak kuat akan terkena penyakit itu," ujarnya.

Menurut dia, penyakit itu bisa menyerang ginjal, hati, bahkan otak manusia, nah inilah yang bisa menyebabkan kematian.

Bahkan, untuk diwilayah Kabupaten Batanghari, pernah mengalami penyakit tersebut namun sudah cukup lama. Adapun untuk antisipasinya, nantinya pihak Dinkes pasca banjir akan meminta kepada tiap Puskesmas akan melakukan semacam pembersihan menggunakan cairan pembersih. 

Sementara itu, selama banjir ini penyakit yang menyerang masyarakat rata-rata adalah demam, gatal, dan penyakit kulit, namun belum dapat disebutkan berapa jumlahnya karena data dari tiap puskesmas belum masuk. 

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017